Saturday, 27 April 2024
HomeKulinerSejarah Bajingan, Kudapan Manis Asal Temanggung

Sejarah Bajingan, Kudapan Manis Asal Temanggung

Bogordaily.net – Banyak makanan Indonesia yang memiliki nama unik. Salah satunya olahan yang memiliki nama super unik, yaitu Bajingan. Pada umunya kata ‘Bajingan' dikenal dengan kata yang kasar dan kurang ajar, namun di daerah Temanggung nama tersebut adalah sebutan dari sebuah makanan, Bajingan merupakan kudapan khas asal Temanggung.

Cobalah mencicipi bajingan jika Anda berkunjung ke Temanggung. Selain lezat, panganan ini tentu sehat karena terbuat dari .

Bajingan adalah kudapan berupa yang direbus dengan gula merah dan santan. Jika dilihat sekilas bentuknya mirip kolak, tapi kuahnya lebih kental. Meski punya konotasi yang kasar, makanan ini punya cita rasa yang manis dan legit, loh!

Selain namanya yang unik, sejarah bajingan juga tak kalah menarik. Konon, nama kudapan ini diambil dari istilah untuk profesi penarik gerobak sapi di Jawa Tengah.

Dulunya, bajingan sudah dianggap sebagai makanan mewah di zaman itu. bajingan kerap kali disajikan bagi para penarik gerobak tradisional di daerah Temanggung.

Para penarik gerobak itu disebut dengan nama Bajingan. Itulah mengapa hidangan super manis ini dinamai dengan Bajingan.

Kalau dulu bajingan dikenal sebagai kudapan para sopir gerobak sapi, kudapan manis ini masih banyak ditemukan di sekitar Jawa Tengah sebagai takjil dan teman minum kopi.

Meskipun begitu, di zaman sekarang, bajingan telah naik pangkat menjadi oleh oleh kekinian dari Temanggung. Lembutnya daging dipadukan dengan manisnya gula merah cair dan dijamin tidak eneg, menjadikan bajingan banyak dikonsumsi diberbagai waktu, apalagi kalau kondisinya masih hangat.

Singkong bajingan yang kelewat manisnya ini dianggap mampu meningkatkan mood seseorang layaknya coklat

Jenis singkong yang digunakan tidak bisa sembarangan pilih. Harus singkong sawah yang benar benar empuk dan tidak ngganyong. Jika tidak, singkong bajingan yang dihasilkan nanti akan bertekstur alot dan keras.

Untuk memperoleh singkong yang empuk biasanya didapat dari petani singkong tangan pertama, kalau kalian belinya asal di pasar, bisa bisa dapetnya singkong yang keras.(*)

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here