Friday, 29 March 2024
HomeBeritaSelain Medis, Ini 7 Pilihan Obat Flu Alami

Selain Medis, Ini 7 Pilihan Obat Flu Alami

Bogordaily.net–  Gejala yang paling sering dialami penderitanya mulai dari pilek, hidung tersumbat, batuk, demam, sakit tenggorokan, dan bersin-bersin. Selain obat medis, penderitanya bisa mengkonsumsi obat secara alami yang bisa meredekan gejala dan mempercepat proses penyembuhan. Dilansir dari laman Aladokter.com, berikut pilihan obat alami:

Madu

Madu merupakan salah satu obat alami karena bisa menenangkan dan melegakan sakit tenggorokan, serta mengatasi batuk. Manfaat tersebut dapat diperoleh karena madu kaya akan antioksidan dan memiliki efek antibakteri.

Jahe

Jahe dijadikan obat herba untuk mengatasi gejala , misalnya batuk, pilek, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Untuk memperoleh manfaat jahe, Anda bisa mengonsumsi teh atau air rebusan jahe yang masih hangat.

Ginseng

Salah satu jenis ginseng, yaitu Panax quinquefolius, juga bermanfaat sebagai obat alami. Manfaat tersebut berasal dari senyawa ginsenoside di dalamnya yang bisa memperkuat sistem imun dan mempercepat proses penyembuhan .

Bawang putih

Sebuah studi menyatakan bahwa konsumsi bawang putih atau suplemen yang mengandung bawang putih selama 12 minggu dapat mencegah seseorang terkena dan mempercepat masa penyembuhan. Meski demikian, manfaat tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

Echinacea

Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa konsumsi 900 mg echinacea dapat mengurangi keparahan gejala . Hal ini diduga karena kandungan senyawa antiradang di dalamnya yang bisa meringankan peradangan selama sakit , sehingga gejala bisa mereda.

Elderberry

Senyawa antosianin pada elderberry berkhasiat untuk memperkuat sistem imun dan mencegah seseorang mudah terinfeksi oleh virus flu. Selain digunakan sebagai obat flu alami, elderberry juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gejala dari infeksi sinus.

Astragalus

Penelitian mengungkapkan bahwa senyawa flavonoid pada akar dan daun tanaman astralagus dapat mencegah infeksi virus penyebab flu. Astragalus juga dapat memperkuat sistem imun tubuh untuk melawan virus, sehingga kerap digunakan sebagai obat flu alami.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here