Selain Medis, Ini 7 Pilihan Obat Flu Alami

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam Naik Hari Ini, Kamis 8 Desember 2022 Info Gempa Terkini di Indonesia, Rabu 7 Desember 2022 Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 7 Desember 2022 Perpanjang SIM Kabupaten Bogor, Berikut Harga dan Lokasinya Usai Depak Korsel, Vinicius Berharap Bisa Menari sampai Final Piala Dunia

Kesehatan · 28 Sep 2022 18:16 WIB

Selain Medis, Ini 7 Pilihan Obat Flu Alami


 Ilustrasi madu. (Unsplash.com/Bermix Studio/Suara.com) Perbesar

Ilustrasi madu. (Unsplash.com/Bermix Studio/Suara.com)

Bogordaily.net–  Gejala flu yang paling sering dialami penderitanya mulai dari pilek, hidung tersumbat, batuk, demam, sakit tenggorokan, dan bersin-bersin. Selain obat medis, penderitanya bisa mengkonsumsi obat secara alami yang bisa meredekan gejala flu dan mempercepat proses penyembuhan. Dilansir dari laman Aladokter.com, berikut pilihan obat flu alami:

Madu

Madu merupakan salah satu obat alami karena bisa menenangkan dan melegakan sakit tenggorokan, serta mengatasi batuk. Manfaat tersebut dapat diperoleh karena madu kaya akan antioksidan dan memiliki efek antibakteri.

Jahe

Jahe dijadikan obat herba untuk mengatasi gejala flu, misalnya batuk, pilek, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Untuk memperoleh manfaat jahe, Anda bisa mengonsumsi teh atau air rebusan jahe yang masih hangat.

Ginseng

Salah satu jenis ginseng, yaitu Panax quinquefolius, juga bermanfaat sebagai obat flu alami. Manfaat tersebut berasal dari senyawa ginsenoside di dalamnya yang bisa memperkuat sistem imun dan mempercepat proses penyembuhan flu.

Bawang putih

Sebuah studi menyatakan bahwa konsumsi bawang putih atau suplemen yang mengandung bawang putih selama 12 minggu dapat mencegah seseorang terkena flu dan mempercepat masa penyembuhan. Meski demikian, manfaat tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

Echinacea

Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa konsumsi 900 mg echinacea dapat mengurangi keparahan gejala flu. Hal ini diduga karena kandungan senyawa antiradang di dalamnya yang bisa meringankan peradangan selama sakit flu, sehingga gejala flu bisa mereda.

Elderberry

Senyawa antosianin pada elderberry berkhasiat untuk memperkuat sistem imun dan mencegah seseorang mudah terinfeksi oleh virus flu. Selain digunakan sebagai obat flu alami, elderberry juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gejala dari infeksi sinus.

Astragalus

Penelitian mengungkapkan bahwa senyawa flavonoid pada akar dan daun tanaman astralagus dapat mencegah infeksi virus penyebab flu. Astragalus juga dapat memperkuat sistem imun tubuh untuk melawan virus, sehingga kerap digunakan sebagai obat flu alami.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Gejala Stiff Person Syndrome, Gangguan Saraf Langka yang Diderita Celine Dion

9 Desember 2022 - 12:18 WIB

gejala Stiff Person Syndrome

Cara Mudah Turunkan Tekanan Darah Tanpa Obat

9 Desember 2022 - 11:43 WIB

Tekanan Darah

Tak Boleh Dianggap Sepele, Ini 5 Gejala Asam Urat

9 Desember 2022 - 10:18 WIB

Gejala Asam Urat

Gandeng PMI Tangerang, RS Murni Teguh Ciledug Gelar Donor Darah

9 Desember 2022 - 09:53 WIB

RS Murni Teguh

Dihantui Rasa Penyesalan, Berikut Cara Mengatasinya

8 Desember 2022 - 23:59 WIB

Aa Dokter Raendi Edukasi Kesehatan Kulit di Bantarjati

8 Desember 2022 - 17:49 WIB

Trending di Kesehatan