Friday, 26 April 2024
HomeBeritaSesuai Anjuran Rosul, Ini Manfaat Tidur Miring ke Kanan Bagi Kesehatan

Sesuai Anjuran Rosul, Ini Manfaat Tidur Miring ke Kanan Bagi Kesehatan

Bogordaily.net miring ke kanan sesuai dengan Anjuran Nabi Muhammad SAW ternyata memiliki berbagai macam kesehatan. Oleh karena itu, kamu bisa memulai miring ke kanan dari sekarang untuk menjaga kesehatan.

Dalam ajaran Islam, ada banyak sekali amalan yang dapat dilakukan yang baik bagi kesehatan, maupun dalam memperkuat keimanan. Nah, salah satu amalan yang baik bagi kesehatan adalah ketika beristirahat di malam hari, dengan miring ke kanan.

miring ke kanan sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW ternyata berdampak sangat baik terhadap kesehatan. Ini juga sudah dikaji dengan berbagai penelitian medis.

Lantas, benarkah miring ke kanan terbukti lebih menyehatkan daripada miring ke kiri?

miring ke kanan ini sesuai dengan petunjuk Rasullullah.

“Rasulullah bersabda: apabila kamu hendak maka berwudhulah, seperti kamu berwudhu untuk salat, kemudian berbaringlah dirusukmu sebelah kanan”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Berikut adalah tidur miring ke kanan sesuai petujuk Rasulullah:

1. Mengistirahatkan otak bagian kiri

Otak manusia terdiri dari 2 bagian yaitu otak sebelah kiri dan otak sebelah kanan.

Otak kanan berfungsi mentranfusi organ tubuh sebelah kiri begitupun sebaliknya, dalam keseharian kita sering menggunakan organ sebelah kiri hal ini akan menghidari bahaya yang timbul, akibat sirkulasi darah yang melambat, dan penyempitan pembuluh darah.

2. Mengurangi beban jantung

Dengan tidur miring ke kanan membuat darah tersalurkan dengan rata dan terkonsentrasi pada tubuh bagian kanan, hal ini membuat aliran darah yang masuk kejantung melambat, sehingga denyut jantung akan melambat.

3. Mengistirahatkan lambung

Bentuk lambung seperti tabung dengan bentuk katup menuju keatas menghadap kekanan bawah.

Jika tidur miring kesebelah kiri maka akan memperlambat pengosongan lambung, hambatan ini bisa mengakibatkan asam lambung, bisa juga menjadikan cairan usus bersifat basa dan mengakibatkan erosi dinding lambung, sebaiknya tidurlah dengan miring kesebelah kanan untuk menghindari bahaya tersebut.

4. Mencegah batu kantung empedu

Tidur dengan miring kekanan menjadikan aliran makanan yang telah dicerna oleh lambung dan bercampur dengan asam lambung menjadi lancar, sehingga meningkatkan cairan empedu.

Meningkatnya cairan empedu akan mencegah batu kantung empedu.

5. Merangsang buang air besar

Dengan tidur miring ke kanan, akan menjadikan peroses pengisian usus besar, sehingga akan merangsang gerak usus besar dan merelaksasi usus anus, sehingga memperlancar buang air besar.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here