Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaSilsilah Kerajaan Inggris Lengkap, Sejak Dulu hingga Sekarang

Silsilah Kerajaan Inggris Lengkap, Sejak Dulu hingga Sekarang

Bogordaily.net – Silsilah lengkap jadi buruan publik, seriring dengan wafatnya Ratu Elizabeth. Inggris dikenal sebagai negara dengan kerajaannya. Ratu dan Raja di Inggris bukan hanya punya kekuasaan tapi juga sudah dikenal dunia.

Seperti apa silsilah lengkap sejak dulu hingga sekarang?

Berdasarkan data dari laman historic-uk.com, Raja Pertama yang tercatat menjadi penguasa daratan Inggris adalah Raja Egbert yang memerintah antara tahun 928-839 Masehi.

Dari sinilah, silsilah kerajaan yang berdiri hingga lebih dari 1200 tahun ini bermula, hingga menurunkan raja dan ratu yang berkuasa hingga kini. Didasar dari laman yang sama, setidaknya ada kurang lebih 61 raja dan ratu yang berkuasa di Inggris dan terbagi menjadi beberapa wangsa.

Sejarah penguasa Inggris dimulai dengan berkuasanya Raja Egbert yang dikenal sebagai Raja Orang-orang Saxon dari Wangsa Wessex hingga Wangsa Windsor yang berkuasa mulai tahun 1917 hingga sekarang. Nah, agar kita berfokus pada silsilah saat ini, kita akan membahas tentang Wangsa Windsor ini saja ya!

Sejatinya, sebelum dikenal sebagai Wangsa Windsor, wangsa ini bernama Wangsa Saxe-Coburg and Gotha yang dimulai sejak tahun 1901. Hanya ada satu raja yang memerintah dari wangsa ini, yakni Raja Edwars VII atau Albert Edward yang berkuasa dari tahun 1901 hingga 1910. Tahun 1917, nama wangsa Saxe-Coburg-Gotha pada akhirnya dirubah menjadi Wangsa Windsor oleh Raja George V karena sentimen anti Jerman pada periode perang dunia pertama. Dan wangsa ini, bertahan hingga saat ini.

Raja pertama dari wangsa ini adalah George V (George Frederick Ernest Albert) yang memerintah dari 1910 hingga 1936. George V adalah anak dari Edward VII dan Alexandra dari Denmark. Pasca kepergiannya, George V digantikan oleh sang anak hasil pernikahannya dengan Mary, Edward Albert Christian George Andrew Patrick David dan mengambil gelar penobatan sebagai Edward VIII. Dalam rilisan laman townandcountrymag, Edward VIII hanya bertahta kurang lebih 326 hari dan turun tahta secara sukarela dan digantikan oleh George VI yang merupakan saudara kandungnya sendiri.

Raja George VI berkuasa kurang lebih 15 tahun, dimulai dari 1936, hingga 1952. Dan disinilah sejarah modern dimulai. Raja George VI yang merupakan putra dari Geoge V, menikah dengan Elizabeth Bowes Lyon di Gereja Westminster Abbey pada 26 April 1923 dan memiliki dua anak, yakni Elizabeth Alexandra Mary yang kita kenal sebagai , dan putri Margaret of Snowdon.

Ratu Elizabeth II yang berkuasa selama lebih dari 70 tahun ini menikah dengan Pangeran Philip of Edinburg di Westminster Abbey pada 20 November 1947, dan tercatat memiliki empat anak. Mereka adalah Pangeran Charles yang merupakan pewaris utama tahta , kemudian Pangeran Andrew, Putri Anne dan Pangeran Edward of Wessex. Pasca kemangkatan Ratu Elizabeh II pada 8 September 2022 di usia 94 tahun, sang anak sulung, Pangeran Charles dinobatkan sebagai raja menggantikan sang ibunda, dan memakai gelar Charles III.

Raja baru tersebut diketahui menikah dua kali, yang pertama menikah dengan Putri Diana Spencer pada 29 Juli 1981, dan Camilla Rosemary pada tahun 2005 lalu. Dari pernikahannya dengan Putri Diana yang dikenal sebagai Public Darling, Charles III dikaruniai dua orang putera, yakni Pangeran William yang kini menjadi calon penerus tahta urutan pertama, dan sang adik Pangeran Harry yang beberapa waktu lalu memutuskan untuk hidup sebagai orang biasa.

Pangeran William yang menikah dengan Catherine Duchess of Cornwall and Cambridge pada 29 April 2011 lalu, dikaruniai tiga orang anak, yakni Pangeran George of Cambridge yang lahir pada tahun 2013, kemudian Putri Charlotte of Cambridge (lahir pada 2015) dan Pangeran Louis of Cambridge yang lahir pada 2018. Secara urutan, Pangeran George of Cambridge kini menjadi pewaris tahta kedua dalam silsilah , karena sang ayah, Pangeran William secara hirearki kini naik status menjadi putera mahkota kerajaan.

Silsilah saat ini

Edward VII (memerintah 1901-1910), menikah dengan Alexandra
George V (memerintah 1910-1917) merupakan putera dari Edward VII. George V menikah dengan Mary.
Edward VIII (memerintah 20 Januari 1936-11 Desember 1936). Putera dari Geroge V dan Mary. Mengundurkan diri secara suka rela dan tidak memiliki keturunan. Tahta kerajaan kemudian dipegang oleh Albert VI yang merupakan saudara kandungnya sendiri.
Albert VI (memerintah 1936-1952). Putera dari George V, menikah dengan Elizabeth Bowes Lyon, memiliki dua putri, yakni Ratu Elizabeth II dan Putri Margaret.
Elizabeth II (memerintah 1952-2022), puteri dari Albert VI dengan Elizabeth Bowes Lyon. Menikah dengan Pangeran Philip dan dikaruniai empat anak, yakni Pangeran Charles, Pangeran Andrew, Putri Anne dan Pangeran Edward.
Charles III (memerintah 2022- sekarang). Putra Elizabeth II. Menikah dua kali, dengan putri Diana dan Camilla. Dari pernikahannya dengan Putri Diana, dikaruniai 2 orang anak, Pangeran William dan Pangeran Harry.
Pangeran William, putra Charles III dengan Putri Diana, sekarang menjadi Putra Mahkota dan menjadi pewaris utama tahta kerajaan, menikah dengan Catherine dan memiliki 3 anak. George, Charlotte dan Louis.
George putra William, menjadi pewaris tahta kedua, di bawah sang ayah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here