Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorSimulasi Bencana, ChildFund Sasar 1.500 Siswa Sekolah Dasar

Simulasi Bencana, ChildFund Sasar 1.500 Siswa Sekolah Dasar

Bogordaily.net – Lembaga Pemerhati Anak di Indonesia menargetkan sepuluh Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Cibinong dengan sasaran 1.500 siswa, diantaranya di Kelurahan Pakansari, Sukahati dan Kelurahan Harapanjaya untuk diberikan simulasi .

Upaya mewujudkan kegiatan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) ChildFund Internasional di Indonesia berkolaborasi dengan siswa dan seluruh pihak terkait, meliputi Dinas Pendidikan , Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Tidak hanya siswa pemahaman penanganan kebencanaan juga melibatkan para guru serta komite sekolah.

Kali ini, ChildFund sudah menggelar acara SPAB di SD Negeri Karadenan, Kecamatan Cibinong, bersama Badan Penanggulangan (BPBD) . Saat menggelar kegiatan itu ChaildFund Internasional di Indonesia  difasilitasi .

Pada kesempatan itu BPBD memberikan paparan materi terkait dan praktik Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) kepada para siswa  SDN Karadenan.

“Jika terjadi bencana di lingkungan sekolah atau kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, siswa dan warga sekolah lainnya diharapkan tidak panik. ChildFund ini fokus pada keselamatan anak, salah satunya adalah ketika terjadi bencana,” tutur Project Coordinator ChildFund Oetari Cinthya kepada tim Bogordaily, pada Sabtu, 17 September 2022.

“Kami baru masuk di sepuluh sekolah dasar negeri tetapi kami terus berkolaborasi dengan pihak terkait seperti BPBD dan Dinas Pendidikan untuk bisa meningkatkan cangkupan dan juga mempertajam kegiatan SPAB ini,” pungkas Oetari Cinthya.

Oetari Cinthya berharap, untuk kegiatan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) bisa membangun ulang pemahaman terhadap bencana, sehingga masyarakat bisa mengeliminir resiko jika terjadi bencana.*

(Mutia Dheza Cantika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here