Friday, 29 March 2024
HomeKulinerSingkatan Nama Makanan Indonesia, Simak Kepanjangannya

Singkatan Nama Makanan Indonesia, Simak Kepanjangannya

Bogordaily.net – Bicara Nusantara tidak akan pernah ada habisnya. Di antara banyaknya nusantara, ada beberapa yang nama makanan dan minumnya merupakan .

Makanan Indonesia memang enggak ada habisnya. Mulai dari makanan khas daerah, hingga makanan kaki lima yang menggugah selera.

Berbicara soal makanan, kamu tentu familier dengan nama-nama seperti basreng, ketoprak, hingga batagor? Jika iya, apakah kamu tahu nama-nama makanan tersebut memiliki kepanjangannya?

Nah, berikut ini beberapa nama makanan Indonesia yang wajib kamu ketahui!

Ketoprak

Siapa sih yang gak kenal sama ketoprak, campuran lontong, bihun putih, tauge, dan tahu yang disiram dengan kuah bumbu kacang. Ternyata, nama ketoprak merupakan dari ketupat, taoge, dan digeprak. Makna digeprak sendiri berarti dicampur menjadi satu.

Gehu

Gehu merupakan salah satu jenis gorengan yang paling sering disukai karena rasanya gurih dengan tekstur garing di luar dan lembut di dalam. Ternyata, penamaan gehu diambil dari gabungan kata taoge tahu, jadi tahu yang kamu makan berisi taoge. Gehu bakalan lebih nikmat disantap bersama cabai rawit.

Cuanki

Kalau bicara nama makanan Indonesia, mungkin cuanki merupakan salah satu makanan Indonesia yang memiliki nama cukup unik. Cuanki sendiri merupakan dari cari uang jalan kaki, penamaan tersebut sama sekali tidak menggambarkan bakso cuanki yang super lezat.

Es Doger

Es doger paling nikmat kalau disantap pada siang bolong, rasa manis dari susu dan parutan kelapa dicampur dengan tapai, ketan hitam, dan bahan-bahan campuran lainnya. Ternyata, penamaan es doger diambil dari es dorong gerobak, guys!

Comro

Siapa yang gak tahu comro, gorengan yang terbuat dari parutan singkong dan dibentuk menjadi bulat-bulat. Di dalam comro terdapat isian oncom yang pedas dan nikmat. Ternyata, nama comro memiliki kepanjangan, yaitu oncom di jero atau artinya oncom di dalam.

Misro

Temennya comro adalah misro, dan ternyata misro juga punya kepanjangan, lho! Misro merupakan dari amis di jero yang berarti manis di dalam.

Jeniper

Meski terkesan keren, ternyata nama jeniper dari jeruk nipis peras. Jeniper sendiri merupakan oleh-oleh khas Kuningan, Jawa Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here