Friday, 19 April 2024
HomeEkonomiSinyal Kuat! Jokowi Mulai Perimbangkan Beli Minyak Murah dari Rusia

Sinyal Kuat! Jokowi Mulai Perimbangkan Beli Minyak Murah dari Rusia

Bogordaily.net – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo () mengaku mulai mempertimbangkan untuk membeli Rusia, seperti halnya India dan yang sudah lebih dulu membeli dari Moscow.

Melansir dari Financial Times, Senin, 12 September 2022, mengatakan besar kemungkinan untuk membeli dari negara yang tengah berkonflik dengan Ukraina itu, apabila harga yang ditawarkan lebih baik dibanding negara produsen lainnya.

“Semua opsi selalu kami pantau. Jika ada negara memberikan harga yang lebih baik, tentu saja,” kata .

Orang nomor satu di Indonesia itu mengaku, langkah tersebut dilakukannya dalam rangka meredam tekanan kenaikan harga energi yang terjadi beberapa waktu terakhir.

Pada awal bulan ini, menaikkan harga bahan bakar bersubsidi sebesar 30 persen dan mengatakan bahwa kenaikan harga adalah “pilihan terakhirnya” karena tekanan fiskal. Kebijakan ini memicu aksi demonstrasi di Indonesia.

Setiap langkah membeli mentah Rusia dengan harga di atas batas yang disepakati oleh negara-negara G7 dapat membuat Indonesia terkena sanksi AS.

Pemerintah mengaku kenaikan harga tersebut merupakan pilihan terakhir karena tekanan fiskal.

Alhasil, kebijakan ini pun memicu aksi demonstrasi besar-besaran di Indonesia. Bahkan aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM sudah berlangsung beberapa hari sebelum kenaikan harga diputuskan.

Dengan membeli dari Rusia dengan harga di bawah rata-rata dunia tentu sangat menguntungkan Indonesia dari sisi finansial. Namun terdapat risiko yang perlu dipertimbangkan, salah satunya yakni sanksi dari Amerika Serikat (AS) dan Eropa.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here