Friday, 26 April 2024
HomeBeritaSosok Ethan Nwaneri, Pemain Berusia 15 Tahun yang Main di Liga Inggris...

Sosok Ethan Nwaneri, Pemain Berusia 15 Tahun yang Main di Liga Inggris Bareng Arsenal

Bogordaily.net–  , pemain berusia 15 tahun menyedot perhatian usai melakoni debut di Liga Inggris 2022/2023, Minggu, 18 September 2022. Bersama Arsenal ia bermain melawan Brentford. Siapa sosok ? Dilansir Suara.com berikut profil .

merupakan pemain muda milik Arsenal yang berposisi sebagai gelandang. Ia sendiri lahir pada 21 Maret 2007 di Inggris. Kariernya sendiri berawal dari Arsenal, di mana bergabung klub asal London Utara tersebut di usia 9 tahun. Pada usia 14 tahun, ia telah mencuri perhatian para pelatih akademi, yang kemudian memasukkannya ke tim U-18 Arsenal.

Terhitung sejak musim 2022/2023 dimulai, telah tampil bersama tim U-18. Tak disangka, bakatnya menarik perhatian klub yang kemudian memasukkannya ke tim U-21. Di tim U-21 tersebut dirinya berhasil melakoni debut bersama Arsenal di Premier League 2 atau Liga Inggris untuk tim-tim U-21.

Penampilan gemilang di tim U-21 pun membuat Mikel Arteta lantas mengundangnya berlatih bersama tim utama Arsenal, terhitung di bulan September ini. Tak disangka, dalam latihan tersebut dirinya mampu tampil apik, sehingga Mikel Arteta mempercayainya untuk masuk ke skuad yang dibawa ke Brentford.

Tak sekadar dibawa, juga diturunkan oleh Mikel Arteta dan berhasil menjadi pemain termuda dalam sejarah Liga Inggris yang melakoni debut. berhasil mematahkan rekor yang dipegang Harvey Elliot. Selain itu, ia juga mematahkan rekor Cesc Fabregas sebagai pemain termuda Arsenal yang melakoni debut di laga kompetitif.

Dalam kariernya, ternyata pernah menghadapi program Garuda Select 4 yang dihuni penyerang Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka.

Pertandingan ini terjadi pada April lalu, di mana Garuda Select 4 harus menelan kekalahan 1-4 dari Arsenal yang dibela Ethan Nwaneri. Bahkan di pertandingan itu, Ethan Nwaneri diketahui juga mencetak gol ke gawang Garuda Select 4, sekaligus membalas gol yang terlebih dulu dicetak oleh Hokky Caraka.

Sementara itu dalam laga melawan Brentford, Minggu, 18 September 2022, Arsenal bertandang ke Gtech Community Stadium serta mampu meraih kemenangan atas tuan rumah Brentford dengan skor 3-0. Pesta gol Arsenal ini sudah dimulai sejak babak pertama, tepatnya di menit ke-17 usai bek mudanya, William Saliba, mencatatkan namanya di papan skor.

Hanya butuh 11 menit saja, Arsenal kembali menggandakan keunggulannya. Kali ini lewat sang penyerang, Gabriel Jesus. Sang debutan dan rekrutan anyar Arsenal, Fabio Vieira, berhasil menutup pesta gol ini di menit ke-49 dan memastikan kemenangan The Gunners atas Brentford.

Di balik pesta gol ini, terdapat sejarah tercipta kala Mikel Arteta selaku pelatih Arsenal, memasukkan pemain bernama Ethan Nwaneri di menit-menit akhir. Masuknya Ethan Nwaneri ini kemudian membuatnya menjadi pemain termuda yang tampil di Liga Inggris. Diketahui, ia sendiri baru berumur 15 tahun 181 hari.

Namanya menjadi perbincangan di kalangan penikmat Liga Inggris. Sebab, Ethan Nwaneri memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang Harvey Elliott yang debut di usia 16 tahun 30 hari.***

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here