Sosok Giorgia Meloni, PM Perempuan Pertama di Italia

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam Naik Hari Ini, Kamis 8 Desember 2022 Info Gempa Terkini di Indonesia, Rabu 7 Desember 2022 Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 7 Desember 2022 Perpanjang SIM Kabupaten Bogor, Berikut Harga dan Lokasinya Usai Depak Korsel, Vinicius Berharap Bisa Menari sampai Final Piala Dunia

Tokoh · 27 Sep 2022 08:12 WIB

Sosok Giorgia Meloni, PM Perempuan Pertama di Italia


 Perdana Menteri (PM) Perempuan Italia pertama, Giorgia Meloni. (dw.com/Bogordaily.net) Perbesar

Perdana Menteri (PM) Perempuan Italia pertama, Giorgia Meloni. (dw.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Sosok Giorgia Meloni berhasil memenangkan Pemilu dan menorehkan sejarah sebagai Perdana Menteri (PM) perempuan pertama di Italia.

Giorgia Meloni dan partai sayap kanannya, Persaudaraan Italia, dipastikan mendapat suara terbanyak dalam pemilu pada Minggu, 25 September 2022.

Exit polls yang dipublikasi lembaga penyiaran Rai dan Quorum/YouTrend, mencatat bahwa koalisi partai berhaluan kanan, yakni Persaudaraan Italia, berada di puncak. Partai tersebut diketahui memperoleh suara antara 41 dan 45 persen.

Hasil perhitungan suara ini pun resmi akan diumumkan pada Senin, 26 September 2022 pagi waktu Italia. Dengan kemenangan ini, Italia bakal dipimpin dengan pemerintahan berhaluan ekstrem kanan pertama sejak era fasis Benito Mussolini 1922-1945.

Lebih lanjut, ternyata popularitas Meloni dan partainya terus meroket dalam beberapa tahun terakhir. Sebelum memenangkan pemilu ini, Partai Persaudaraan Italia sempat hanya meraup 4,5 persen suara dalam pemilu 2018.

Dikutip dari CNN, Meloni merupakan seorang bunda berusia 45 tahun asal Roma. Selama kampanye, ia menyerukan slogan “Tuhan, negara, dan keluarga”.

Dengan kemenangan ini, Meloni akan menggantikan Mario Draghi yang mengundurkan diri dari jabatan perdana menteri.

“Italia memilih kami. Kami berjanji tidak akan mengkhianati negara. Jika kami dipanggil untuk memerintah bangsa ini, kami akan melakukannya untuk semua orang Italia,” kata Meloni dalam pidato kemenangannya, dikutip dari RMOl, Selasa 27 September 2022.

Dari dua pertiga suara yang dihitung, Brothers of Italy berhasil meraup sekitar 25,7 persen suara. Sementara kubu oposisi, yakni partai demokrat kiri-tengah yang dipimpin mantan Perdana Menteri Enrico Letta, hanya mendapatkan sekitar 19,3 persen.

Kemenangan sosok Giorgia Meloni yang merupakan pengagum Putin, menandakan adanya perubahan arah politik Italia yang sebelumnya sangat menentang invasi Rusia ke Ukraina sejak kepemimpinan Draghi.

Meski begitu, Meloni tetap mendukung keputusan pemerintah Italia untuk mengirim pasokan senjata ke Ukraina guna mempertahankan diri dari serangan massif yang dilancarkan Rusia.***

(Istimewa/Bogordaily.net)

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Sosok Abdul Latif, Bupati Bangkalan yang Jadi Tersangka KPK

8 Desember 2022 - 23:10 WIB

Profil Lord Rangga, Petinggi Sunda Empire yang Meninggal Dunia

7 Desember 2022 - 21:21 WIB

Profil Goncalo Ramos, Melesat Pecundangin Cristiano Ronaldo

7 Desember 2022 - 10:27 WIB

Profil Goncalo Ramos

5 Orang Terkaya di Dunia 2022, Ada Elon Musk sampai Bill Gates

7 Desember 2022 - 06:28 WIB

Orang terkaya di dunia

Profil Shogo Taniguchi, Bek Jepang di Piala Dunia 2022 yang Diincar Klub Qatar

6 Desember 2022 - 18:48 WIB

Biografi & Profil Erina Gudono, Calon Istri Kaesang Pangarep

5 Desember 2022 - 20:33 WIB

Erina Gudono Kaesang Pangarep
Trending di Tokoh