Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaSosok Giorgia Meloni, PM Perempuan Pertama di Italia

Sosok Giorgia Meloni, PM Perempuan Pertama di Italia

Bogordaily.net – Sosok berhasil memenangkan Pemilu dan menorehkan sejarah sebagai (PM) perempuan pertama di Italia.

dan partai sayap kanannya, Persaudaraan Italia, dipastikan mendapat suara terbanyak dalam pemilu pada Minggu, 25 September 2022.

Exit polls yang dipublikasi lembaga penyiaran Rai dan Quorum/YouTrend, mencatat bahwa koalisi partai berhaluan kanan, yakni Persaudaraan Italia, berada di puncak. Partai tersebut diketahui memperoleh suara antara 41 dan 45 persen.

Hasil perhitungan suara ini pun resmi akan diumumkan pada Senin, 26 September 2022 pagi waktu Italia. Dengan kemenangan ini, Italia bakal dipimpin dengan pemerintahan berhaluan ekstrem kanan pertama sejak era fasis Benito Mussolini 1922-1945.

Lebih lanjut, ternyata popularitas Meloni dan partainya terus meroket dalam beberapa tahun terakhir. Sebelum memenangkan pemilu ini, Partai Persaudaraan Italia sempat hanya meraup 4,5 persen suara dalam pemilu 2018.

Dikutip dari CNN, Meloni merupakan seorang bunda berusia 45 tahun asal Roma. Selama kampanye, ia menyerukan slogan “Tuhan, negara, dan keluarga”.

Dengan kemenangan ini, Meloni akan menggantikan Mario Draghi yang mengundurkan diri dari jabatan .

“Italia memilih kami. Kami berjanji tidak akan mengkhianati negara. Jika kami dipanggil untuk memerintah bangsa ini, kami akan melakukannya untuk semua orang Italia,” kata Meloni dalam pidato kemenangannya, dikutip dari RMOl, Selasa 27 September 2022.

Dari dua pertiga suara yang dihitung, Brothers of Italy berhasil meraup sekitar 25,7 persen suara. Sementara kubu oposisi, yakni partai demokrat kiri-tengah yang dipimpin mantan Enrico Letta, hanya mendapatkan sekitar 19,3 persen.

Kemenangan sosok yang merupakan pengagum Putin, menandakan adanya perubahan arah politik Italia yang sebelumnya sangat menentang invasi Rusia ke Ukraina sejak kepemimpinan Draghi.

Meski begitu, Meloni tetap mendukung keputusan pemerintah Italia untuk mengirim pasokan senjata ke Ukraina guna mempertahankan diri dari serangan massif yang dilancarkan Rusia.***

(Istimewa/Bogordaily.net)

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here