Friday, 26 April 2024
HomeBeritaSosok Ning Imaz, Ustazah yang Dihina Eko Kuntadhi

Sosok Ning Imaz, Ustazah yang Dihina Eko Kuntadhi

Bogordaily.net–  Nama sedang menjadi perbincangan usai hinaan pegiat media sosial Eko Kuntadhi. Lalu siapa sosok wanita pemilik nama lengkap Imaz Fatimatuz Zahra alias itu?

Dilansir dari laman NU Online, berasal dari Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. Ia merupakan putri dari pasangan almaghfurlah KH Abdul Khaliq Ridwan dan Nyai Hj Eeng Sukaenah Pengasuh Pondok Pesantren Putri Al Ihsan Lirboyo, Kediri, Jawa Timur.

Dari garis keturunan ia merupakan cucu dari Syekh Ihsan Muhammad Dahlan Al-Jampasy pengarang kitab Siraj ath-Thalibin. Ilmu dari sang ayah dan kakeknya itu mengantarkan menjadi seorang penghafal Qur'an (hafidzah) dan ahli fiqih. Kecintaanya pada bidang fiqih ini terlihat sejak duduk di bangku Tsanawiyah setingkat SMP.

Ia aktif dalam diskusi antarahli keilmuan Islam, utamanya fikih di lingkungan pesantren-pesantren yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU) atau biasa dikenal dengan forum bahtsul masail.

Ketekunannya dalam bidang fiqih juga membawa perempuan 25 tahun ini turut berdakwah membidik anak muda melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.  juga menjadi pengisi kajian tetap “Suara Muslimah” di kanal Youtube NU Online.

Selain mengajar di Pesantren, istri dari Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Kaliwungu Kendal Gus Rifqi Muslim Suyuti ini juga  tengah menyelesaikan pendidikan di Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

Sementara itu menjadi perbincangan setelah video dakwahnya dihina oleh Eko Kuntadhi melalui akun Twitter. Ia menyampaikan bahwa menghukumi kasidah artinya menghukumi suara perempuan yang dalam konsep hukum fiqih bukanlah aurat.

Namun tentu harus memperhatikan suara tersebut tidak dibuat-buat atau tidak sengaja untuk menggoda lawan jenis. Dalam unggahannya terlihat Eko Kuntadhi membagikan video ceramah tentang tafsir Surat Ali Imran ayat 14.

Ia juga menambahkan kalimat hinaan. Ternyata unggahannya mendapat respon banyak orang. Eko Kuntadhi kemudian mendapat berbagai kritik dan kecaman. Eko lantas memutuskan menghapus cuitan tersebut dan meminta maaf kepada keluarga .

Dilansir Suara.com, Eko menyampaikan permintaan maafnya langsung kepada di Pesanren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, Kamis, 15 September 2022 usai menuai kecaman atas unggahan potongan video di Twitter disertai caption kata-kata kasar dan bernada menghina.

Eko datang ke Pesantren Lirboyo bersama Guntur Romli. Salah satu dzurriyah Pondok Lirboyo, KH Agus Abdul Muid Shohib atau Gus Muid menerima kedatangan Eko di Auditorium Yayasan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin sekitar pukul 17.05 WIB.

Di situ Eko bertemu langsung dengan bersama suaminya, Gus Rifqil Muslim Suyuti. Hadir juga pada pertemuan itu Gus Dahlan Ridlwan dan Gus Abu Bakar.***

 

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here