Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaSosok Rasuna Said yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Sosok Rasuna Said yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Bogordaily.net – Ada yang berbeda jika Anda melihat halaman utama search . Terpampang Rasuna Said jadi Doole di sana. Hal itu dilakukan lantaran perusahaan merayakan ulang tahun (ultah) ke-112 Singa Betina Pergerakan Kemerdekaan Indonesia.

“Ulang Tahun ke-112 Rasuna Said,” bunyi keterangan .

melalui keterangan resminya menilai Rasuna Said memiliki suara yang berpengaruh pada isu-isu sosial, terutama hak-hak perempuan. Ia juga merupakan seorang guru dan seorang jurnalis.

Rasuna Said pun diakui sebagai pahlawan nasional Indonesia, menjadikannya wanita kesembilan yang menerima kehormatan tersebut.

Lantas, seperti apa Rasuna Said yang dijuluki Singa Betina Pergerakan Kemerdekaan Indonesia?

Hajah Rangkayo Rasuna Said lahir di dekat Danau Maninjau Sumatera Barat pada hari ini tahun 1910. Sejak usia dini, dia blak-blakan tentang masalah yang ada di hari itu. Keuletan dan kecerdasan sebagai siswa dengan cepat membuka jalan untuk menjadi asisten guru, yang memotivasi gadis-gading mudah untuk bermimpi besar.

Ia meninggal dunia tepat di usia 55 tahun, pada 2 November 1965 lalu, dan dikebumikan di TMP Kalibata, Jakarta.

Ia dikenal sebagai pahlawan dengan berjuluk Singa Betina Pergerakan Kemerdekaan Indonesia yang menyuarakan isu sosial, terutama hal wanita, guru dan jurnalis.

Rasuna juga dinobatkam sebagai wanita kesembila yang menerima kehormatan, sebagai pahlawan nasional Indonesia.

Pada 1926, Rasuna bergabung dengan Sarikat Rakyat, atau Gerakan Rakyat yang diikuti oleh Gerakan Islam pada 1930 terbentuk Persatuan Muslim Indonesia (PERMI), sebagai respin ketidakadilan terhadap perempuan di jaman kolonialisme Belanda.

Pindah ke Padang, ia membentuk PERMI dan membuka sekolah sastra untuk perempuan pada 1931 dan pada 1932 ia ditangkap Belanda karena menentang kekuasaan.

Setelah bebas, Rasuna menjadu jurnalis untuk jurnal perguruan tinggi beenama Raya, saat usianya masih 24 tahun pada 1934.

Pada 1974, Rasuna Said dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia ats segala jasa dan perjuangannya terhadap keadilan kaum wanita.

Demikian informasi terkait Rasuna Said yang tampil sebagai Doodle di halaman utama pada hari ini 14 September 2022.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here