Syekh Yusuf Qaradhawi, Ulama yang Wafat di Usia 96 Tahun

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022 : Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor Ini Syarat dan Lokasi Perpanjang Surat Izin Mengemudi di Kota Bogor

Tokoh · 26 Sep 2022 23:13 WIB

Sosok Syekh Yusuf Qaradhawi, Ulama Berpengaruh yang Wafat di Usia 96 Tahun


 Syeikh Yusuf Al Qaradhawi. (Graeme Robertson/Getty Images/Kumparan.com/Bogordaily.net) Perbesar

Syeikh Yusuf Al Qaradhawi. (Graeme Robertson/Getty Images/Kumparan.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Syeikh Yusuf Al Qaradhawi telah wafat pada usianya yang ke-96 tahun, Senin, 26 September 2022. Syeikh Yusuf Al Qaradhawi merupakan salah satu ulama produktif yang banyak menulis kitab dalam berbagai bidang keilmuan. Kitab-kitabnya juga sudah banyak yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Seperti apa sosok Syekh Yusuf Qaradawi?

Dilansir Republika.co.id, Qaradhawi dikenal sebagai ulama yang berani dan kritis serta memiliki pandangan yang sangat luas serta tajam sehingga banyak pihak yang merasa ‘gerah’ dengan berbagai pemikirannya yang seringkali dianggap menyudutkan pihak tertentu. Salah satunya pemerintah Mesir.

Pandangan-pandangannya itu membuat pria kelahiran Shafth Turaab, Mesir ini harus mendekam dibalik jeruji besi. Namun, ia tak pernah berhenti menyuarakan dan menyampaikan pandangannya.

Ratusan buku telah ditulis dan sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa di dunia. Buku-buku Qardhawi membahas berbagai hal terkait kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Mulai dari urusan rumah tangga hingga negara dan demokrasi.

Sejak 2013, dia memilih hijrah ke Qatar serta tinggal di Doha dan mendapatkan perlindungan.

Melansir Detik.com dari laman Madrasah Aliyah Negeri Sintang, Yusuf Al Qaradhawi lahir pada 9 September 1926. Pada usia 10 tahun, Yusuf Al Qaradhawi telah menghafal Al Qur’an. Ia menghabiskan masa hidupnya di Qatar lalu menamatkan pendidikan dasar dan menengah di Ma’had Thantha dan Ma’had Tsanawi.

Setelah itu, Syekh Yusuf Qaradawi melanjutkan studinya ke Universitas Al Azhar, Fakultas Ushuluddin dan menyelesaikannya pada tahun 1952. Syeikh Yusuf Al Qaradhawi mendapat gelar doktor pada tahun 1972.

Britannica melaporkan, Qaradhawi dikenal sebagai sosok cendekiawan yang berasal dari gerakan Ikhwanul Muslimin yang dibuat oleh Hassan al-Banna di Ismailia, Mesir. Gerakan Ikhwanul Muslimin bertujuan untuk pengembalian Al-Qur’an dan Hadis sebagai dasar kehidupan sosial masyarakat muslim. Gerakan ini menyebar di Mesir, Sudan, Suriah, Palestina, Lebanon, dan Afrika Utara.

Semasa hidup Syeikh Yusuf Al Qaradhawi juga dikenal sebagai ulama yang menolak pembagian ilmu secara dikotomis. Menurutnya, semua ilmu bisa Islami dan tidak Islami, tergantung kepada orang yang memandang dan mempergunakannya

Sementara itu dilansir NU Online, pada tahun 2007 silam, Syeikh Yusuf al-Qaradawi pernah mengunjungi kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Syekh datang bersama Menteri Agama RI Maftuh Basyuni disambut hangat oleh para pengurus NU, antara lain, KH Hasyim Muzadi, KH Ma’ruf Amin, KH. Said Aqil Siroj, KH Maghfur Utsman, dan KH Nazaruddin Umar.

Dalam lawatan tersebut, Syeikh Yusuf Qaradawi mengajukan pesan, agar NU mampu menjadi “dinamo” bagi kebangkitan umat Islam di Indonesia dan dunia.

Menurutnya, Indonesia sebagai negeri muslim terbesar di dunia mempunyai kekayaan alam dan sumber daya manusia yang sangat potensial untuk “memenangkan” umat Islam  dari tekanan dunia internasional.

“Tapi tanpa mesin pengerak semua itu tidak akan bisa jalan. Ada satu kekuatan lagi yang lebih besar dimiliki oleh NU yakni kekuatan rohani,” kata Syeik Qaradawi. ***

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Biodata & Profil Michelle Ziudith, Pemeran si Kupu-kupu Malam

29 November 2022 - 08:58 WIB

Biografi dan Profil KSAL Laksamana Yudo Margono Panglima TNI Baru Pilihan Jokowi

28 November 2022 - 18:57 WIB

Biografi dan profil KASAL Laksamana Yudo

Profil Pedri, Pemain Termahal Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022

28 November 2022 - 13:23 WIB

Meninggal Mendadak, Ini Sosok Menteri Luar Negeri Belarusia Vladimir Makei

27 November 2022 - 21:56 WIB

Vladimir Makei

Biografi & Profil Timothy Weah: Anak Presiden yang Moncer di Piala Dunia Qatar

26 November 2022 - 09:54 WIB

Timothy weah

Profil Taufik Kurniawan, Mantan Wakil Ketua DPR yang Tutup Usia

25 November 2022 - 15:49 WIB

profil Taufik Kurniawan
Trending di Tokoh