Waspada Dampak Negatif Tidur dengan Lampu Menyala 

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kesehatan · 14 Sep 2022 21:22 WIB

Suka Tidur dengan Lampu Menyala? Waspada Ini Dampak Negatif bagi Kesehatan


 Ilustrasi tidur. (Freepik/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi tidur. (Freepik/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Tidur dengan kondisi kamar gelap gulita direkomendasikan karena memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Namun,  sebagian lainnya tidur dengan kondisi lampu yang menyala terang ataupun redup. Belakangan diketahui bahwa tidur dengan kondisi lampu menyala ini akan membawa dampak negatif bagi kesehatan. Melansir Your Say Suara.com dari laman MedicalNewsToday.com, berikut dampak negatif tidur dengan lampu menyala bagi kesehatan:

Mengganggu Produksi Hormon

Saat malam hari, kelenjar pineal di otak akan mulai memproduksi hormon melatonin dalam jumlah tinggi untuk membuat Anda merasakan kantuk dan ingin segera tidur. Akan tetapi jika Anda mencoba tidur dengan kondisi lampu menyala, maka produksi hormon melatonin ini akan terganggu. Hal ini akan menyebabkan rasa kantuk Anda menjadi hilang dan sulit untuk tidur kembali atau dalam istilah medis disebut dengan insomnia.

Depresi

Saat seseorang sulit untuk tidur akibat produksi hormon melatonin yang berkurang, maka hal itu juga akan mempengaruhi suasana hati dan meningkatkan stres. Dalam jangka waktu panjang, stres yang tidak terkontrol ini bisa memicu terjadinya depresi.

Meningkatkan Risiko Berbagai Penyakit Kronis

Berdasarkan penelitian dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, menyatakan bahwa tidur dengan cahaya terang ataupun redup akan meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes, hingga penyakit kardiovaskular.

Obesitas

Sebuah studi dari American Journal of Epidemiology, menjelaskan bahwa pada wanita yang tidur dalam kondisi ruangan bercahaya akan menyebabkan terganggunya proses metabolisme tubuh dan pola makan. Hal ini disebabkan karena ada kemungkinan besar orang yang tidur dalam kondisi ruangan bercahaya akan terbangun saat tengah malam, sehingga tak jarang rasa lapar tersebut muncul dan memaksanya untuk kembali makan di waktu tengah malam tersebut.

Hal inilah yang akan menyebabkan terjadinya penumpukan lemak, sehingga meningkatkan berat badan dan ikut berhubungan langsung dengan timbulnya berbagai penyakit kronis seperti yang sudah dibahas sebelumnya.***

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Pakai Ramuan Alami, Ini Cara Menghilangkan Kutu Rambut  

2 Desember 2022 - 10:59 WIB

Peduli Kesehatan Kulit, Emak-emak Gang Kepatihan Ngariung Bareng Aa’ Reandi

1 Desember 2022 - 18:54 WIB

Ngariung sehat

Hari AIDS Sedunia 1 Desember, Download Link Twibbon di Sini

1 Desember 2022 - 08:38 WIB

Momen HKN, Dinkes Kabupaten Bogor Fokus Pada Penanganan Stunting

30 November 2022 - 22:13 WIB

penanganan stunting

Selain Umur, Ini 5 Faktor Pemicu Munculnya Uban 

30 November 2022 - 16:21 WIB

munculnya uban

Pertanda Kolesterol Tinggi, Sering Nyeri Pinggul

30 November 2022 - 15:48 WIB

Nyeri Pinggul
Trending di Kesehatan