Friday, 26 April 2024
HomePolitikSurvei SMRC, Kalau Pemilu Hari Ini: Ganjar Unggul, Prabowo dan Anies Bersaing...

Survei SMRC, Kalau Pemilu Hari Ini: Ganjar Unggul, Prabowo dan Anies Bersaing Ketat

Bogordaily.net–  Saiful Mujani Research and Consulting () kembali membuat survei pemilihan presiden (pilpres). Hasilnya, Gubernur DKI Jakarta di bawah jika digelar hari ini. Di sisi lain, Gubernur Jawa Tengah teratas.

Dalam survei itu sebanyak 1.053 responden mendapat pertanyaan “Bila pemilihan presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan ibu/bapak pilih sebagai presiden diantara 3 nama berikut?”.

Hasilnya sebanyak 44,6 persen responden memilih nama Ganjar. Kemudian 25,7 persen lainnya memilih nama Prabowo. Kemudian Anies dipilih oleh 21,7 persen responden dan 8 persen responden memilih tidak tahu atau tidak menjawab.

“Dari kelompok yang mengetahui ketiga calon ini, Ganjar mendapat dukungan 44,6 persen unggul signifikan dari Prabowo 25,7 persen kemudian Anies mendapat 21,7 persen,” kata Direktur Riset Deni Irvani dalam tayangan YouTube TV dilansir Suara.com, Kamis, 8 September 2022.

Deni menyebut, secara statistik Ganjar bisa unggul signifikan dari Prabowo dan Anies karena selisih hasil surveinya lebih dari dua kali batas kesalahan atau margin of error.

Untuk Prabowo dan Anies secara statistik hasilnya tidak signifikan karena selisihnya hanya 4 persen. Dengan begitu tidak bisa simpulkan kalau Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Gerindra selamanya unggul dari Anies.

“Jadi tidak bisa disimpulkan secara meyakinkan apakah Prabowo memang atas Anies bisa jadi faktanya Anies yang unggul,” katanya.

Wawancara dilakukan pada 5 hingga 13 Agustus 2022. Sebanyak 1.053 responden dilibatkan dalam pengambilan survei. Batas kesalahan atau margin of error pada survei ini diperkirakan sebesar kurang lebih 3,1 persen dengan tingkat kepercataan 95 persen.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here