Friday, 19 April 2024
HomeBeritaSusah Tidur Nyenyak saat Malam Hari? Ini Alasannya

Susah Tidur Nyenyak saat Malam Hari? Ini Alasannya

Bogordaily.net – Susah tidur mungkin menjadi salah satu hal yang paling umum terjadi pada sebagian besar orang. Anda juga tentu pernah mengalaminya bukan? susah tidur pada hari bisa bermacam-macam.

Setelah lelah karena telah beraktivitas seharian, biasanya orang-orang pasti akan mendambakan tidur yang lelap.

Namun, kenyataannya ternyata tidak semudah itu. Walau badan rasanya sangat lelah, kantuk ternyata tak kunjung datang dan menjadi sulit untuk tidur.

Jika kamu mengalami hal tersebut, kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini.

1. Cahaya Kamar yang Terang

Cahaya yang terang ternyata dapat mengurangi produksi melantonin, yakni hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal. Dilansir dari National Geographic, hormon melantonin tersebutlah yang menyebabkan rasa kantuk.

Cahaya yang terang juga dapat menimbulkan kepala pusing dan mual. Jadi, lebih baik redupkan atau matikan lampu sekaligus ketika ingin tidur lelap.

2. Suhu Tubuh dan Ruangan yang Terlalu Hangat

Ternyata, suhu yang hangat justru bisa menghambat tidur untuk mencapai fase yang lebih dalam, seperti fase bermimpi.

Hal tersebutlah yang membuat mimpi kerap muncul ketika suhu sudah stabil atau mengarah ke dingin. Maka dari itu, lebih baik kamu mengatur suhu ruangan agar lebih stabil.

3. Stres dan masalah kecemasan

Melansir Bustle, semakin tinggi level stres dan kecemasan, orang jadi semakin susah tidur nyenyak di hari.

Otak manusia dirancang dapat membedakan hal secara rasional ketika terjaga. Lain halnya saat tidur. Otak sulit memilah kekhawatiran atau ancaman saat tidur.

Untuk itu, pastikan pikiran jernih dan lebih rileks sebelum tidur. Jika kamu memiliki masalah kecemasan, segera konsultasikan ke terapis.

4. Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Konsumsi kafein berlebihan juga bisa mengganggu jadwal tidur dan mengurangi kualitas tidur. Kafein berlebihan dapat memengaruhi siklus tidur alami tubuh, sehingga kamu jadi susah tidur nyenyak.

Untuk mengatasinya, coba batasi asupan kafein seperti kopi, teh, cokelat, atau soda maksimal dua cangkir per hari.

5. Terlalu lelah

Tak hanya tekanan mental, tekanan fisik berlebihan berujung kelelahan juga bisa membuat seseorang susah tidur nyenyak di hari.

Aktivitas yang membuat tubuh terlalu lelah dapat meningkatkan suhu inti tubuh, detak jantung, dan tubuh banyak melepaskan adrenalin. Hal itu bisa memengaruhi siklus tidur alami tubuh. Maka jangan heran, saat terlalu lelah kamu jadi susah tidur nyenyak.(*)

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here