Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaTakut Disuruh Wajib Militer, AS Suruh Warganya Tinggalkan Rusia

Takut Disuruh Wajib Militer, AS Suruh Warganya Tinggalkan Rusia

Bogordaily.net–  Khawatir disuruh mengikuti wajib militer, Amerika Serikat (AS) mendesak warga negaranya untuk segera meninggalkan .

“Warga AS tak diperkenankan bepergian ke , dan mereka yang tinggal atau bepergian di harus segera meninggalkan selagi pilihan perjalanan komersial yang terbatas masih ada,” demikian pernyataan Kedubes AS.

Dilansir CNN Indonesia, Kedubes AS memperingatkan pemerintah baru saja menerapkan mobilisasi wajib militer. Mereka khawatir bakal merekrut warga yang punya dua kewarganegaraan yakni dan AS.

mungkin menolak mengakui dwikewarganegaraan AS, menolak akses kekonsuleran AS, mencegah mereka meninggalkan , kemudian merekrut pemegang dua kewarganegaraan untuk wajib militer,” tulis Kedubes AS lagi.

Tak hanya itu, Kedubes AS juga memperingatkan bahwa saat ini, pilihan penerbangan komersial sangat terbatas dan kerap tidak tersedia dalam waktu cepat.

Rute darat dengan mobil dan bus pun padat, meski masih bisa beroperasi. Kedutaan Besar AS, memiliki keterbatasan dalam membantu warga AS, termasuk dalam hal pilihan transportasi.

Selain itu, mereka juga memperingatkan di tak ada jaminan soal hak menyampaikan pendapat secara damai dan kebebasan ekspresi.

“Jauhi protes sosial dan politik, jangan memotret petugas keamanan dalam demo itu. Pihak Rusia telah menangkap warga AS yang berpartisipasi dalam demo itu,” tulis Kedubes AS di situs resminya.

Sebelumnya, Negeri Beruang Merah itu mengumumkan mobilisasi wajib militer parsial ke Ukraina sehingga membuat warga protes hingga kabur massal.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here