Kenapa Perjalanan Pulang Terasa Lebih Cepat daripada Pergi

Menu

Mode Gelap
Hasil Piala Asia U-17, Timnas Indonesia Menang Tipis 3-2 Atas UEA Siap-siap Tampung Air, Pipa PDAM Sedang dalam Perbaikan Tidak Ditilang, Polisi Tegur Ratusan Pelanggar pada Hari Kedua Operasi Zebra Lodaya Update Terkini Perbaikan Pipa PDAM, Ini Wilayah yang Terdampak Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot!

Nasional · 16 Sep 2022 16:20 WIB

Ternyata Karena Ini, Kenapa Perjalanan Pulang Terasa Lebih Cepat daripada Pergi


 Alasan Perjalanan Pulang Lebih Cepat Ketimbang Berangkat. (liputan6/Bogordaily.net) Perbesar

Alasan Perjalanan Pulang Lebih Cepat Ketimbang Berangkat. (liputan6/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Apakah kamu pernah merasakan perjalanan pulang terasa lebih cepat dibandingkan ketika berangkat pergi? Padahal jarak dan waktu yang ditempuh sama. Fenomena tersebut ternyata ada penjelasan secara ilmiahnya, lho!

Melansir dari kumparan.com, fenomena tersebut diberi nama ‘efek perjalanan kembali’. Perjalanan pulang yang terasa lebih cepat karena kamu sudah familiar dengan rute yang akan dilalui. Rute yang sudah familiar membuat kamu lebih bisa menikmati perjalanan.

Sementara itu, saat pergi, kamu masih belum mengetahui jalan yang akan dilalui sehingga kamu harus fokus dengan perjalanan. Apalagi, kalau kamu belum tahu kondisi tempat yang akan dikunjungi, otomatis kamu harus fokus agar tidak tersesat sambil terus membayangkan lokasi tujuan yang akan didatangi.

Kondisi tersebut sering banget nih terjadi saat kamu jadi orang yang memegang GMaps atau yang menyetir kendaraan. Mungkin efek ini kurang dirasakan oleh teman kamu yang tidak bertugas membaca GMaps atau menyetir, apalagi teman kamu yang tidur selama di perjalanan.

Selain itu, perjalanan yang terasa lebih cepat juga disebabkan oleh waktu. Saat seseorang yang terlalu sering memperhatikan waktu saat perjalanan, akan merasakan perjalanan tersebut berjalan lebih lama.

Tentu saja, hal ini sering terjadi ketika kamu sedang telat mau ke sekolah, kerja, atau mengejar jadwal keberangkatan kereta dan pesawat. Saat itu kamu sedang dikejar dengan target yang memaksa kamu untuk memacu kecepatan lebih cepat.

Beda rasanya ketika di perjalanan kamu lebih tertarik pada hal lain selain waktu, pasti kamu akan merasakan perjalanan berjalan lebih cepat. Kondisi ini memang kerap terjadi di perjalanan pulang, tiba-tiba kamu sudah sampai di tempat tujuan.

Nah, itulah penjelasan ilmiah mengenai penyebab perjalanan pulang terasa lebih cepat ketika bepergian.(*)

Artikel ini telah dibaca 600 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Tembok MTSN 19 Roboh Gegara Banjir, 3 Siswa Meninggal Dunia

6 Oktober 2022 - 22:11 WIB

tembok MTSN 19 roboh

Tok! Ini 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan

6 Oktober 2022 - 21:01 WIB

Tersangka Tragedi Kanjuruhan

Situs Web JW.ORG Bantu Orang Tua Tangani Depresi Anak

6 Oktober 2022 - 16:34 WIB

depresi anak

Army Indonesia Donasi Ratusan Juta untuk Kanjuruhan

6 Oktober 2022 - 12:35 WIB

Info Lengkap Hasil Seleksi Pendamping Desa 2022: Cara Cek dan Besaran Gajinya

6 Oktober 2022 - 12:07 WIB

seleksi Pendamping Desa 2022

Syarat dan Cara Membuat Paspor Terbaru, Masa Berlaku Jadi 10 Tahun

6 Oktober 2022 - 11:16 WIB

Trending di Nasional