Friday, 29 March 2024
HomeBeritaTertawa Ternyata Menyehatkan! Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tertawa Ternyata Menyehatkan! Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Bogordaily.net – bagi ini jarang ada yang tahu. Maka, tertawalah sebelum tertawa itu dilarang. Tertawa merupakan refleksi tubuh manusia, saat mendengar sesuatu yang dianggap lucu dan ternyata itu sangat menyehatkan.

Tertawa bukan hanya sebagai ekspresi gembira, perilaku ini juga bisa mengundang banyak manfaat sehat. Dari sisi , tertawa ternyata banyak memiliki manfaat dan khasiatnya.

Para ahli telah membuktikan bahwa tertawa dapat mengurangi nyeri, membawa lebih banyak kebahagiaan, bahkan meningkatkan daya tahan tubuh.

Ketika mulai tertawa, beban mental Anda pun akan terasa lebih ringan. Selain itu, aktivitas tersebut juga bisa menyebabkan banyak perubahan positif di dalam tubuh.

Melansir dari klikdokter berikut ini bagi :

1. Menstimulasi Berbagai Organ dalam Tubuh

Tertawa meningkatkan asupan udara kaya oksigen, yang akan memicu kerja jantung, paru, dan otot. Hal tersebut juga dapat meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak. Dengan demikian, tertawa dapat menstimulasi organ-organ dalam tubuh sehingga Anda tetap sehat dan bugar.

2. Mengaktifkan dan Melegakan Respons terhadap Stres

lepas akan meningkatkan respons stres, untuk kemudian menurunkannya. Di waktu yang sama, detak jantung akan meningkat dan langsung menurun seketika. Hal ini dapat menciptakan perasaan yang melegakan dan memberikan sensasi relaksasi.

3. Mengurangi Ketegangan pada Tubuh

Tertawa juga dapat menstimulasi sirkulasi darah dan membantu relaksasi otot. Kedua hal tersebut dapat mengurangi beberapa gejala fisik yang ditimbulkan oleh stres, seperti ketegangan pada otot leher dan bahu.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Adanya pikiran negatif akan memicu reaksi kimia yang berdampak buruk pada tubuh, seperti stres serta daya tahan tubuh menurun. Sebaliknya, dengan pikiran yang positif, seperti ketika tertawa, protein yang dapat melawan stres akan dilepaskan. Pada gilirannya, hal ini pun dapat menurunkan risiko penyakit.

5. Meredakan Nyeri

Tertawa itu menyehatkan, dan mampu merangsang tubuh untuk memproduksi senyawa antinyeri alami. Alhasil, Anda akan secara alami merasakan nyeri yang berkurang, baik secara fisik maupun mental.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here