Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaThailand Terancam Gagal Lolos ke Piala Asia U-20 2023, Kena Karma?

Thailand Terancam Gagal Lolos ke Piala Asia U-20 2023, Kena Karma?

Bogordaily.net–  Timnas U-20 terancam gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Apakah ini karma setelah dianggap mencurangi Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022?

Dilansir Suara.com, seluruh tim nasional U-20 negara-negara Asia belum lama ini melakoni Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Sejak digelar pada awal September, total 9 dari 10 grup telah menggelar seluruh pertandingan untuk memperebutkan tiket ke putaran final.

Tiket ke putaran final akan diberikan AFC selaku penyelenggara kepada juara grup dan lima runner up grup terbaik saja. Seluruh tim yang berada dalam 9 grup tersebut, berjuang mati-matian dan tampil prima demi menyabet tiket lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Penampilan maksimal dari seluruh tim yang ada pun membuat beberapa negara yang punya kultur sepak bola kuat terancam tak lolos dan gagal tampil di Piala Asia U-20 2023.

Salah satunya adalah . Tim Gajah Perang yang dikenal sebagai negara kuat di sepak bola Asia Tenggara, malah terancam gagal mengikuti jejak Timnas Indonesia dan Vietnam lolos ke ajang tersebut.

terancam gagal usai hanya puas menjadi runner up grup G di belakang Oman, usai mengumpulkan 6 poin saja dan selisih plus 3 gol. Perolehan poin dan selisih gol yang dimiliki sama persis dengan Oman. Hanya saja, tim Gajah Perang kalah Head to Head dengan sang juara grup.

Nahasnya, yang jadi runner up Grup G, untuk sementara harus puas berada di posisi kelima klasemen runner up grup terbaik atau batas terakhir tim yang bisa meraih tiket.

yang punya poin 6 dan selisih plus 3 gol, tepat berada di belakang Syria yang punya poin dan selisih gol sama. Bedanya, tim Gajah Perang kalah dari poin kedisiplinan.

Mengingat grup H yang berisikan Australia, Irak, India, dan Kuwait belum bertanding, posisi di klasemen Runner Up grup terbaik pun terancam tergusur sehingga berpotensi gagal tampil di Piala Asia U-20 2023.

Hal ini pun menjadi semacam karma bagi U-20 yang sempat mengerjai Indonesia di Piala AFF U-19 2022 beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, pada Piala AFF U-19 2022 lalu sempat mengerjai Indonesia kala ‘bermain mata' dengan Vietnam di laga terakhir fase grup.

Laga terakhir itu merupakan laga penentuan, di mana dan Vietnam hanya perlu hasil imbang untuk lolos babak grup. Sedangkan Timnas Indonesia harus berharap Thailand dan Vietnam saling mengalahkan agar bisa lolos dari babak grup.

Namun yang terjadi, Thailand dan Vietnam malah ‘bermain mata' dan memilih bermain imbang 1-1. Aksi ini bahkan menjadi sorotan karena kedua tim tampak tak bermain dengan sungguh-sungguh.

Karena aksi main mata tersebut, Timnas Indonesia U-19 gagal lolos babak grup dan menanggung malu mengingat statusnya sebagai tuan rumah.

Thailand bahkan Vietnam tampaknya harus menelan karmanya. Tim Gajah Perang terancam gagal lolos ke Piala Asia U-20 2023 dan The Golden Star harus lolos ke ajang ini lewat jalur Runner Up grup terbaik usai dihajar Timnas Indonesia U-19 di laga terakhir grup F.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here