Friday, 26 April 2024
HomePolitikTim Pemantauan Pemenuhan Hak untuk Pemilu 2024 Dibentuk Komnas HAM, Apa Tugasnya?

Tim Pemantauan Pemenuhan Hak untuk Pemilu 2024 Dibentuk Komnas HAM, Apa Tugasnya?

Bogordaily.net–  Komisi Nasional Hak Asasi Manusia () Munafrizal Manan membentuk tim pemantauan pemenuhan hak konstitusional warga negara untuk mendatang. Lalu apa tugasnya?

“Menyambut penyelenggaraan , RI kembali membentuk tim guna memantau kesiapan penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan,” kata Wakil Ketua Internal Munafrizal Manan melalui keterangan tertulis yang dilansir Suara.com dari Antara, Jumat, 30 September 2022.

Tugas tim  tersebut fokus pada pemantauan rekomendasi-rekomendasi yang telah dikeluarkan kepada pemerintah dan penyelenggara pemilu terkait pelaksanaan Pilkada dan Pemilu 2018-2020.

Tujuannya, sebagai pelaksanaan tugas dan fungsi sebagaimana yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM, yaitu mengembangkan kondisi yang kondusif dan meningkatkan pelindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan HAM di Indonesia.

“Kegiatan tim akan dilaksanakan dalam bentuk review terhadap hasil pemantauan sebelumnya, melaksanakan diskusi terfokus bersama ahli, akademisi, organisasi masyarakat sipil, pemerintah, penyelenggara pemilu serta penerimaan pengaduan dugaan pelanggaran HAM dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024,” jelasnya.

Rekomendasi yang dihasilkan tim pemantauan pemenuhan hak konstitusional warga negara dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 diharapkan menjadi bahan rujukan bagi pemerintah maupun penyelenggara pemilu, terutama dalam melaksanakan perbaikan regulasi dan kebijakan agar penyelenggaraan pemilu jujur, adil, dan akuntabel dapat diwujudkan dalam setiap pesta demokrasi sebagai bagian dari pemenuhan serta pelindungan HAM.

Menurutnya, telah berkontribusi aktif terhadap upaya pemenuhan hak-hak konstitusional masyarakat melalui pemilu maupun pilkada, khususnya hak untuk memilih dan dipilih serta hak masyarakat kelompok rentan sejak 2018 hingga 2020.

“Oleh karena itu, berharap semua pihak mendukung serta bekerja sama dalam pelaksanaan tugas pemantauan,” ujarnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here