Thursday, 25 April 2024
HomeTravellingTips Liburan Hemat di Yogya

Tips Liburan Hemat di Yogya

Bogordaily.net – Mau hemat di Yogjakarta. Berikut ini tips hemat di Yogya. Caranya, anda cukup teliti dan membuat jadwal dan perencanaan yang cocok dengan budgetnya.

Agar budget tidak membengkak jadwal dan lokasi kunjungan sertablamanya berlibur harus menjadi prioritas.

Melansir suara.com dari laman Hops.id—Jaringan berikut tips hemat di Yogya.

1. Cek destinasi wisata yang hendak dikunjungi

Hal yang harus kamu perhatikan ketika akan berkunjung ke salah satu destinasi wisata yang populer di Yogyakarta adalah biaya lain yang tidak termasuk pada tiket masuk.

Di antaranya seperti: biaya transportasi menuju tempat wisata atau biaya parkir kendaraan jika kamu memilih untuk menyewa kendaraan di Yogyakarta.

Jangan lupa untuk menghitung biaya makan selama kamu berkunjung ke sebuah destinasi wisata di kota Yogyakarta.

Salah satu destinasi wisata yang paling populer di Yogyakarta adalah Malioboro. Jalan yang terletak di pusat kota ini banyak menarik minat wisatawan karena merupakan surga bagi mereka yang ingin berbelanja oleh-oleh atau barang kerajinan.

Asal kamu pintar menawar, harga barang-barang yang ditawarkan oleh para pedagang kaki lima ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang murah.

Mengunjungi Malioboro tak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk apa pun, destinasi ini bisa kamu kunjungi jika ingin sekadar jalan-jalan sore atau malam hari untuk menikmati suasana teduh kota Yogyakarta di penghujung hari.

2. Tentukan waktu kapan akan berangkat berapa lama di Yogyakarta serta budget

Sebelum berlibur, coba tentukan berapa lama waktu liburanmu dan memperkirakan berapa banyak biaya yang akan kamu habiskan.

Tentu saja kedua hal ini sangat penting untuk kamu ketahui. Karena jika salah satunya meleset dari perkiraan awal, semua rencanamu bisa berantakan.

Tips mengatur budget ke Yogyakarta agar tidak over budget adalah dengan menyusun semua itinerary-mu dengan terperinci dan akurat.

Mulai dari biaya perjalanan, penginapan, makan, destinasi wisata, hingga oleh-oleh yang akan kamu bawa pulang nanti.

3. Biaya perjalanan

Jika kamu sudah menentukan berapa lama akan berlibur, mulailah untuk menghitung biaya perjalanan.

Biaya ini bisa terbagi lagi menjadi beberapa bagian, tergantung dengan transportasi apa kamu akan berlibur.

Menggunakan kereta
Tiket kereta ke Yogyakarta dari Jakarta bervariasi harganya, yang paling murah adalah kelas ekonomi dan yang paling mahal adalah kelas eksekutif.

Adapun harganya dimulai dari Rp74.000 hingga Rp495.000. Perlu kamu ingat, biaya ini adalah untuk satu kali perjalanan saja ya. Jadi, jangan lupa untuk alokasikan budgetmu untuk membeli tiket pulang juga.

Menggunakan mobil

Jika kamu berlibur ke Yogyakarta dengan menggunakan mobil, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah kebugaran tubuh. Karena perjalanan dengan menggunakan mobil tentu akan lebih menguras banyak tenaga.

Setelah itu, baru pastikan biaya untuk bensin, biaya tol, dan biaya tak terduga untuk service mobil jika mogok atau ada suatu masalah.

4. Cek biaya penginapan melalui aplikasi online

Sebelum pergi ke Yogyakarta, kamu bisa melakukan reservasi online untuk hotel atau guest house yang akan ditempati selama berlibur di Yogyakarta.

Opsi ini penting untuk kamu pertimbangkan ya, tujuannya agar ketika kamu tiba di Yogyakarta, kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mencari penginapan yang cocok.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah; jarak penginapanmu dari destinasi wisata tujuan, keamanan dan juga kenyamanan penginapan selama waktu di Yogyakarta.

Pastikan semua informasi penting dari penginapanmu juga tercatat dengan baik ya, mulai dari alamat, nomor telepon hingga kontak darurat jika ada.

Selain lebih cepat dan mudah didapatkan, kamu bisa menyewanya dengan harga yang cukup murah.

Biaya sewa motor di Jogja bisa kamu dapatkan dari mulai Rp70.000/1 hari, sedangkan untuk mobil bisa kamu sewa dari mulai Rp160.000/1hari.

Pastikan STNK dan semua informasi kelengkapan seperti nomor telepon pemilik kendaraan sudah kamu catat ya!

5. Belanja oleh-oleh

Dari sekian banyak pilihan oleh-oleh Jogja, kamu harus tetap merencanakan budget dan oleh-oleh apa saja yang akan kamu bawa pulang.

Beberapa oleh-oleh Yogyakarta yang terkenal adalah; Bakpia, Geplak, Tiwul, Wedang uwuh hingga Keripik Belut.

Budget yang bisa kamu estimasi untuk oleh-oleh juga bervariasi, tergantung dari berapa banyak dan apa saja yang akan kamu bawa pulang.

Setelah mengetahui tips mengatur budget berlibur hemat ke Yogyakarta, tentu kamu sekarang tidak akan kesulitan lagi dalam memperkirakan biaya apa saja yang harus kamu keluarkan selama berlibur di Yogyakarta.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here