Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaTips Memilih Test Pack yang Tepat, Agar Hasil Akurat

Tips Memilih Test Pack yang Tepat, Agar Hasil Akurat

Bogordaily.net – Test pack adalah salah satu praktis yang bisa digunakan untuk mengetes kehamilan. Dengan ini, bisa cepat diketahui apakah seorang wanita sedang hamil apa tidak. Berikut tips dalam memilih test pack yang tepat

ini harganya terjangkau dan mudah didapatkan. Oleh sebab itu, test pack biasanya jadi pilihan pertama untuk mengetahui kondisi kehamilan, sebelum periksa ke dokter atau bidan.

Selain itu, cara menggunakan test pack ini juga sangat mudah. Dalam hitungan menit, sudah bisa dilihat hasilnya.

Meski demikian, penggunaan test pack yang tidak benar bisa juga menunjukkan hasil yang salah. Akibat hasil test pack yang salah, terkadang bisa membuat kecewa.

Berikut tips dalam memilih test pack yang tepat dilansir dari Alodokter.

1. Pastikan test pack masih dalam kondisi baik

Sebelum membeli test pack secara bebas di apotek atau supermarket, lihatlah tanggal kedaluwarsa yang tertera pada produk. Test pack yang telah kedaluwarsa akan berkurang tingkat keakuratannya.

Selain itu, pilihlah test pack yang kondisinya masih baik dan memiliki sensitivitas tinggi. Semakin sensitif tes kehamilan, semakin mampu tersebut mendeteksi kadar hormon hCG yang relatif masih rendah di awal kehamilan.

2. Kenali waktu tepat menggunakan test pack

Pemilihan waktu untuk menggunakan test pack sangat berpengaruh pada keakuratan hasil. Jika Anda menggunakan test pack setelah beberapa hari sejak berhubungan intim, hasilnya bisa saja negatif karena hormon hCG belum dihasilkan atau kadarnya masih sangat rendah.

Anda bisa menggunakan tes kehamilan di hari pertama terlambat haid atau 2 minggu setelah berhubungan intim. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, tunggu sampai Anda terlambat haid selama 1–2 minggu. Jika hasil tes positif, diperkirakan kehamilan Anda sudah mencapai usia 6–7 minggu pada waktu itu.

Selain itu, cara menggunakan test pack yang tepat sebaiknya dilakukan di pagi hari setelah bangun tidur. Hal ini karena kondisi urine di pagi hari masih pekat, sehingga tes kehamilan bisa memberikan hasil yang lebih akurat.

Penggunaan test pack di siang hari tidak disarankan karena Anda sudah banyak minum, sehingga urine menjadi lebih encer. Kondisi urine yang encer membuat hormon hCG sulit untuk terdeteksi.

3. Gunakan test pack sesuai dengan

Cara yang direkomendasikan, pastikan Anda membaca dengan saksama cara menggunakan test pack yang tertera di kemasan produk. Pasalnya, setiap produk test pack mungkin memiliki instruksi penggunaan yang berbeda-beda.

Setelah mencelupkan atau meneteskan urine pada test pack, Anda harus menunggu sekitar 10 menit untuk mendapatkan hasilnya.

Setiap test pack memiliki indikator hasil berbeda, baik itu satu atau dua garis, simbol (+) atau (-), maupun kata “Hamil” atau “Tidak Hamil”. Apabila tidak muncul garis, tanda, atau tulisan apapun setelah melakukan tes, bisa jadi cara menggunakan test pack yang Anda lakukan salah dan perlu melakukan tes ulang.

Jika mengalami gejala atau tanda awal kehamilan tetapi test pack menunjukkan hasil negatif, Anda dapat melakukan tes ulang 3–5 hari setelahnya. Anda juga disarankan untuk tidak merokok serta mengonsumsi obat-obatan dan minuman beralkohol sampai mendapatkan kepastian Anda hamil atau tidak.

Jika hasil test pack menunjukkan Anda positif hamil, periksakan diri ke dokter agar kehamilan bisa dipastikan dengan USG. Selain memastikan kehamilan, USG penting dilakukan untuk memastikan perkembangan janin sesuai dengan usia kehamilan dan mencegah terjadinya komplikasi kehamilan.(*)

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here