TPA Galuga Ditanami 2000 Pohon

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kabupaten Bogor · 21 Sep 2022 16:30 WIB

TPA Galuga Ditanami 2000 Pohon


 TPA Galuga Ditanami 2000 Pohon Perbesar

Bogordaily.net – TPA Galuga Ditanami 2000 pohon. Kegiatan itu dilakukan Forum Masyarakat 3 Desa dan Forum Masyarakat Desa Dukuh, Kecamatan Cibungbulang.

Mereka menyelenggarakan penanaman 2000 pohon sebagai upaya penghijauan di area Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Galuga yang meliput Desa Galuga Dukuh dan Cijujung.

“Kami melakukan tanam pohon bekerjasama sama dengan pihak Perhutani mengundang Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, Muspika dan para ormas serta masyrakat untuk melakukan penanaman pohon,”kata Sekertaris FM3D Irfan kepada wartawan.

Irfan mengatakan penamaan ribuan pohon dari Perhutani itu dilakukan di area sekitar tempat milik TPAS DLH Kota Bogor, karena area tersebut dekat dengan pertanian warga bahkan tidak jauh dari pemukiman.

“Apalagi belum lama ini di lokasi tersebut telah terjadi longsor yang berdampak pada area pertanian warga,”katanya.

Mayarakat dari tiga desa terlebih Desa Dukuh yang terdampak langsung longsoran dari TPAS milik Pemkot Bogor berharap kejadian itu tidak terulang lagi dan minta dibuatkan tanggul untuk mengantisipasi longsor susulan dan juga dibuat saluran alir.

“Karena dari impikan sampah itu ada air licit, bahkan ketika turun hujan mengalir ke areal pertanian warga bahkan ke pemukiman tentu ini harus ada penahan khusus dan sekala primata dari dinas dlh kota Bogor mau puan Kabupaten,”katanya.

TPA Galuga Ditanami 2000 Pohon

Menagggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor Denis Wismanto akan mengupayakan usulan warga tersebut.

“Insha Allah kan kita memiliki perjanjian yang ditandatangani oleh bupati dan walikota apa yang tertuang komitmen dalam perjanjian insha Allah itu bisa jadi prioritas”katanya.

Tapi, kalau yang di luar itu pasti ada skala lagi dan prosesnya tidak bisa langsung direalisasikan. Namun untuk saluran air dalam waktu dekat kata dia tahun ini akan perbaiki.

“Terjadinya longsor itu ada peringatkan volume sampah Deni apalagi area kita itu satu hamparan dengan milik Pemkab Bogor,”katanya.

Camat Cibungbulang, Agung mengatakan, kegiatan menanam pohon ini merupakan kegiatan berdampak positif terhadap lingkungan Zona Bufering di arena pembuangan sampai yang semakin hari semakin meningkat volumenya.

“Dan yang paling cepat yang kita rasakan ya ini menjadi cadangan oksigen bagi masyarakat,”katanya.

Terkait penangan longsor yang tempo hari terjadi pihaknya sudah rapat dengan DLH Kota maupun Kabupaten Bogor di DLH Kabupaten Bogor.

“Rapatnya kami sudah sampaikan beberapa opsi keinginan masyarakat atau usulan-usulan masyarakat kami sedang menunggu tindak lanjut dari rapat itu yang katanya akan di rapatkan secara internal antara DLH dan juga pihak Pemda,”katanya.***

 

Ruslan

 
Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Jaringan Pengedaran Narkoba di Kabupaten Bogor Ada 17 Kecamatan, Ini Lokasinya  

2 Desember 2022 - 15:01 WIB

Operasi Antik Lodaya di Kabupaten Bogor, 40 Tersangka Kasus Narkoba Ditangkap

2 Desember 2022 - 14:24 WIB

Pemkab Bogor Kasih Bonus Atlet Sea Games Dan ASEAN Para Games Tahun 2021

2 Desember 2022 - 10:43 WIB

Pemkab Bogor Kasih Bonus Atlet Sea Games Dan ASEAN Para Games Tahun 2021

Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor Hari Ini, Jumat, 2 Desember 2022

2 Desember 2022 - 06:34 WIB

Perpanjang SIM Kabupaten Bogor

Ada Dugaan ‘Sunat’ Dana Bansos di Kecamatan Megamendung, Ini Tanggapan Camat

1 Desember 2022 - 17:01 WIB

Hendak Ambil Bansos, Warga Cigudeg Meninggal Dunia

1 Desember 2022 - 16:50 WIB

bansos meninggal Dunia
Trending di Kabupaten Bogor