Friday, 26 April 2024
HomeBeritaUji Pertahanan Planet, Pesawat Antariksa NASA Tabrak Asteroid

Uji Pertahanan Planet, Pesawat Antariksa NASA Tabrak Asteroid

Bogordaily.net – Menyelamatkan bumi di masa depan, pesawat ruang angkasa milik Badan Antariksa Amerika Serikat () berhasil menabrakkan asteroid dengan kecepatan tinggi dalam misi uji coba pertamanya.

Siaran langsung yang dilakukan oleh pada Senin malam, 27 September 2022 menunjukkan kepada dunia uji pertahanan jika asteroid menuju jalur tabrakan dengan kita di masa mendatang.

Dikutip dari RMOL, pesawat antariksa bernama berhasil menabrakkan batu luar angkasa dengan kecepatan 24.140 kilometer per jam.

Kecelakaan yang disengaja ini telah direncanakan selama tujuh tahun lamanya oleh , yang telah lama mencari cara untuk melihat apakah asteroid dapat secara manual dibelokkan serta dijauhkan dari bumi, untuk mencegah dampak yang berpotensi menimbulkan bencana di bumi.

Misi diluncurkan pada November tahun lalu dari Vandenberg Space Force Base di California. Misi ini mengendalikan pesawat ruang angkasanya untuk diarahkan ke target asteroid yang disebut Dimorphos, yang berjarak 10,5 juta kilometer jauhnya dari bumi.

“Ini adalah demonstrasi teknologi yang sangat sulit yang menghantam asteroid kecil, yang belum pernah kami lihat sebelumnya, dan (kami) melakukannya dengan cara yang spektakuler,” kata ilmuwan pemimpin Nancy Chabot yang bersemangat, ketika pesawat ruang angkasa itu berhasil menabrak asteroid.

Kini para ilmuwan akan mengambil data yang direkam dari teleskop yang merekam kecelakaan tersebut, untuk melihat perbedaan dari dampak yang dibuat dalam membelokkan lintasan asteroid.

Menurut , tidak ada asteroid yang diketahui lebih besar bentuknya dari 137 meter, yang memiliki peluang signifikan untuk menabrak Bumi selama 100 tahun ke depan.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here