Friday, 26 April 2024
HomeBeritaWaduh! Sekolah Ditembaki Junta Myanmar, 6 Anak Tewas  

Waduh! Sekolah Ditembaki Junta Myanmar, 6 Anak Tewas  

Bogordaily.net–  Helikopter junta menembak salah satu sekolah di desa Let Yet Kone, . Dilaporkan enam anak tewas dan 17 lainnya terluka.

Dilansir CNN Indonesia, berdasarkan laporan media Mizzima dan Irrawady, helikopter militer memulai tembakan di sekolah yang terletak di biara Buddha.

Anak-anak terbunuh di lokasi kejadian akibat tembakan, sedangkan yang lainnya tewas setelah pasukan memasuki desa.

Dikutip dari Reuters, dua warga anonim mengatakan dalam sambungan telepon bahwa jenazah korban kemudian dibawa ke kota yang berjarak 11 km lalu dibakar.

Beberapa gambar di media sosial juga menunjukkan bangunan sekolah yang rusak akibat terkena peluru dan tampak pula bercak darah.

Di sisi lain, pihak militer mengklaim meluncurkan tembakan karena pemberontak menggunakan bangunan itu untuk menyerang junta.

mengklaim pasukan pemberontak Militer Kemerdekaan Kachin (KIA) dan Pasukan Pembela Rakyat (PDF) bersembunyi di biara tersebut. Keduanya juga disebut menggunakan wilayah itu untuk mengirimkan senjata. Pasukan junta kemudian melakukan “inspeksi mendadak” tetapi diserang oleh PDF dan KIA di wilayah tersebut.

Militer juga menuduh kelompok pemberontak menggunakan penduduk desa sebagai tameng manusia.

Sementara itu serangan junta ini menuai respons dari pemerintah bayangan pro-demokrasi yang dikenal dengan nama Pemerintahan Persatuan Nasional (NUG).

Sebelumnya, di tempat terpisah, beberapa orang yang diduga anggota junta militer mengaku melakukan pembantaian brutal di negara bagian Sagaing.

Pengakuan kekejaman itu terkuak dalam sejumlah video di ponsel terduga tentara yang hilang. Ponsel itu kemudian ditemukan salah satu penduduk di Ayadaw, Sagaing. Radio Free Asia (RFA) mereparasi gawai tersebut. Mereka lalu mengumpulkan data-data di dalamnya. Sejumlah video memperlihatkan beberapa laki-laki bersenjata. Mereka berbangga diri soal jumlah orang yang mereka bunuh.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here