Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaWaduh Ngeri! Gunung Gletser di Chili Longsor

Waduh Ngeri! Gunung Gletser di Chili Longsor

Bogordaily.net di puncak gunung di wilayah , longsor akibat semakin buruknya pemanasan global. Peristiwa ini juga memicu kekhawatiran dari para ahli.

Longsornya tersebut terekam oleh video wisatawan dan menjadi viral di media sosial pada Senin, 12 September 2022.

setinggi 200 meter tersebut berada di puncak gunung. Sebelum longsor, terdengar suara gemuruh di sekitar Taman Nasional Queulat, selatan .

Menurut ilmuwan iklim dari Universitas Santiago, Raul Cordero, massa es tetap normal namun frekuensi peristiwa ini meresahkan.

“Karena jenis peristiwa ini dipicu oleh gelombang panas atau peristiwa presipitasi cair yang intens dan kedua hal itu juga terjadi lebih sering di seluruh planet ini, tidak hanya di ,” kata Cordero, dikutip dari RMOL, Kamis 15 September 2022.

Menurut Cordero, ada gelombang panas dengan suhu sangat tidak normal di wilayah itu sebelum keruntuhan.

“Salah satu konsekuensi dari pemanasan global adalah destabilisasi beberapa dan khususnya beberapa dinding yang tidak stabil,” kata Cordero.

Lebih lanjut, ia mengatakan, peristiwa serupa juga terjadi di Himalaya dan Alpen.

Para ilmuwan mengatakan lonjakan tajam dalam pemanasan terkait dengan perubahan iklim yang disebabkan manusia dan emisi rumah kaca.

Untuk itu, para ahli mendesak pemerintah dan industri untuk harus secara drastis mengurangi emisi bahan bakar fosil untuk menahan pemanasan dan membatasi dampak iklim.***

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here