Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorWaspada Bencana! ChildFund Bersama BPBD Kabupaten Bogor Gelar SPAB di SDN Karadenan

Waspada Bencana! ChildFund Bersama BPBD Kabupaten Bogor Gelar SPAB di SDN Karadenan

Bogordaily.net – Lembaga Pemerhati Anak ChildFund Indonesia bersama Badan Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, difasilitasi menggelar acara Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di SD Negeri Karadenan, Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Sabtu, 17 September 2022. SPAB dilakukan dengan cara simulasi penanganan bencana.

Kegiatan dihelat di sebuah ruang kelas SDN Karadenan, diikuti 150 siswa siswi yang terdiri dari kelas 4 sampai 6. Mereka berkumpul menggunakan pakaian olahraga berwarna kuning hitam.

Terlihat para siswa sangat antusias menyaksikan serta mendengarkan informasi yang disampaikan petugas . Para petugas, nampak gagah mengenakan seragam dinas berwarna orange dipadu celana hitam.

SPAB dimulai pukul 09.30 WIB, para siswa mendapat pencerahan seputar penanganan bencana dan dilanjut materi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Setelah pemberian materi, siswa-siwi SDN Karadenan langsung mempraktikan simulasi untuk Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Mereka diberi pemahaman mengenai kiat-kiat apa saja yang harus dilakuakan, jika terjadi bencana seperti banjir atau gempa bumi.

Supaya tetap gembira, di sela-sela kegiatan sejumlah petugas dari lembaga pemerhati anak ChildFund Indonesia, memberikan snack dan minuman kepada siswa-siswi SDN Karadenan. Tanpa ragu, anak-anak langsung menyantap menikmati snack yang disodorkan, sembari tetap memperhatikan penjelasan petugas .

Menurut Project Coordinator Childfund, Oetari Cinthya, Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) ini adalah kegiatan edukasi kepada siswa-siswi mengenai di lingkungan sekolah.

Ortari Cinthya atau yang akrab di panggil Tia menambahkan, ketika terjadi bencana di lingkungan sekolah atau kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung.

Siswa dan warga sekolah lainnya meliputi para guru dan orangtua murid diharapkan tidak panik dan bisa menyelamatkan diri saat trjadi bencana. Secara sigap mereka bisa mengeliminir terjadinya resiko bencana. Sebagai lembaga pemerhati anak, ChildFund fokus di keselamatan anak, salah satunya adalah ketika terjadi bencana.

“SPAB ini adalah bagian dari fokusnya ChildFund untuk kesejahteraan anak, karena kesejahteraan ini luas banget. Mulai dari pendidikan, kesehatan dan juga salah satunya keselamatan anak,” ucap Project Coordinator Childfund, Oetari Cinthya, pada Sabtu, 17 September 2022.

Sebelum itu, Tia menjelaskan upaya memberikan kesadaran terhadap anak menyikapi terjadinya bencana, kali ini ChildFund menyasar 10 sekolah dasar negeri di Kabupaten Bogor. Selain para siswa di SD Karadenan, kegiatan yang sama juga berlangsung di Kelurahan Pakansari, Sukahati dan Kelurahan Harapanjaya.

Hingga akhir kegiatan pelaksanaan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) berjalan lancar. Kegiatan ditutup dengan foto bersama seluruh pihak yang terlibat.

(Mutia Dheza Cantika)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here