Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaWaspada! Ini 5 Tanda Gula Darah Rendah yang Bikin Bahaya

Waspada! Ini 5 Tanda Gula Darah Rendah yang Bikin Bahaya

Bogordaily.net–  Gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah kadar normal atau rendah disebut dengan Hipoglikemia. Ada orang-orang yang tidak sadar saat sedang mengalaminya. Padahal jika tidak ditangani dengan baik maka dianggap berbahaya. Merangkum Your Say Suara.com dari Everyday Health, berikut lima tanda rendah yang jarang disadari:

Sering Kelaparan

Apakah kamu pernah secara tiba-tiba merasa lapar tanpa alasan yang jelas? Mungkin saja kadar gula yang ada di dalam tubuhmu sedang mengalami penurunan. Untuk mencegah hal itu terjadi lagi, kamu bisa mencoba untuk mengatur kadar gula dari asupan karbohidrat yang kamu makan. Kamu bisa makan antara 15-20 gram karbohidrat dengan setiap camilan dan antara 40-65 g setiap kali makan. Kamu juga masih perlu untuk ke dokter atau orang yang lebih ahli dan mengerti dengan gejala yang kamu alami.

Merasa Cemas

Menurut Merck & Co, ketika kadar glukosa turun terlalu rendah, tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan epinefrin atau juga disebut dengan adrenalin, yang memberi sinyal kepada hati untuk melepaskan lebih banyak gula ke dalam darah. Selain itu, menurut penelitian yang diterbitkan pada Juli 2016 di Case Reports in Psychiatry hal tersebut dapat menyebabkan kecemasan dan gejala yang terkait, seperti gemetar, berkeringat, dan jantung berdebar.

Gangguan Tidur

Mungkin kamu pernah mengalami gangguan tidur dengan gejala, seperti berkeringat pada malam hari, mimpi buruk, bangun tiba-tiba hingga menangis, dan perasaan gelisah saat bangun tidur. Itu bisa menjadi tanda bahwa kamu sedang mengalami penurunan kadar . Kamu bisa mengonsumsi camilan sebelum tidur untuk mengurangi tingkat keparahannya.

Tremor

Tremor merupakan gerakan gemetar yang tidak terkendali dan terjadi secara berulang serta tidak disadari. Ini dapat dialami di satu atau beberapa bagian tubuh secara bersamaan. Ini bisa menjadi gejala yang terjadi ketika sistem saraf otonom diaktifkan selama hipoglikemia.

Emosi Tidak Stabil

Perubahan suasana hati dan emosi yang tiba-tiba dan bisa dibilang tidak wajar dari kebiasaan normal adalah salah satu gejala neurologis hipoglikemia. Kamu biasanya akan mudah marah, keras kepala, dan merasa seperti sedang depresi. Kamu perlu berhati-hati jika gejala ini terjadi. Emosi yang tidak stabil cukup berbahaya jika tidak ditangani dengan baik.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here