Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalYang Hobi Baca Wajib Tahu, Ini Tips Agar Buku Tidak Kuning dan...

Yang Hobi Baca Wajib Tahu, Ini Tips Agar Buku Tidak Kuning dan Cepat Rusak

Bogordaily.net – Para pencinta tentu selalu menjaga agar bukunya terawat. Salah satu masalah yang kerap menimpa yang sudah lapuk dimakan usia yaitu tampilan kertas yang mulai menguning. Berikut tips menjaga agar tidak kuning dan rusak.

Ya, merawat memang susah-susah gampang. Kerusakan pada tentunya terjadi jika Anda tidak pernah membersihkannya dan tempat penyimpanannya yang kurang sesuai. Bahkan, posisi pada saat menyimpannya juga perlu diperhatikan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat agar tidak kuning dan tidak gampang rusak.

1. Beri sampul

Hal pertama yang harus dilakukan agar tetap awet dan tidak mudah rusak adalah dengan memberinya sampul. Kamu bisa menggunakan sampul plastik bening untuk - pelajaran yang sudah siap pakai, atau bisa juga menggunakan plastik meteran.

Selain menjaga agar buku awet, memberi sampul pada buku juga dapat membuat buku terlihat lebih rapi dan tidak mudah basah. Sampul buku dapat membuat buku nyaman untuk dilihat dan aman ketika dibaca.

2. Susun vertikal

Ketika menyusun buku di rak buku, usahakan untuk menyusunnya secara vertikal atau berdiri. Hal ini untuk menghindari kurangnya pasokan oksigen jika buku disusun dalam keadaan rebah atau horizontal.

Posisi horizontal juga dapat membuat buku rentan rusak karena beban yang berlebihan untuk buku yang berada di bagian bawah. Jamur dapat muncul jika buku berada pada keadaan lembab karena kurangnya pasokan oksigen.

3. Beri jarak

Ketika menyusun buku di rak buku, penting untuk memperhatikan jarak antara satu buku dengan buku lain. Bukan berarti disusun dengan jarak yang lebar, tetapi usahakan untuk tidak memaksakan buku berdesakan sampai tidak bisa digerakkan lagi.

Hal ini untuk menghindari buku tergencet, sehingga buku masih bisa mendapat pasokan udara. Ingat, salah satu penyebab buku cepat menguning karena kurangnya pasokan udara.

4. Ganti sampul secara berkala

Sampul buku yang sudah usang harus segera diganti. Selain membuat buku terlihat lebih baru, mengganti sampul juga dapat mencegah munculnya jamur karena penggunaan sampul buku yang terlalu lama.

Penggantian sampul dapat dilakukan beberapa bulan sekali, atau ketika sampunya sudah terlihat terlalu kusam dan kucel.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here