Tuesday, 7 May 2024
HomeHiburan15 Oktober Memperingati Hari Apa? Cek di Sini!

15 Oktober Memperingati Hari Apa? Cek di Sini!

Bogordaily.net – 15 Oktober memperingati hari apa? Ada sejumlah peringatan yang jatuh pada hari Sabtu ini. Setidaknya ada empat perayaan yang biasa diperingati setiap tanggal 15 Oktober.

Setidaknya ada empat perayaan yang biasa dirayakan di dunia setiap tanggal 15 oktober. Perayaan itu di antaranya, peringatan Hari Ayam dan Telur Nasional, Hari Perempuan Pedesaan Sedunia dan Hari Mencuci Tangan Sedunia dan Hari Hak Asasi Hewan.

Berikut penjelasan, 15 Oktober Memperingati hari Apa:

Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN)

Tahun ini, pelaksanaan peringatan HATN berpusat di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat pada 14 hingga 16 Oktober 2022. Kegiatan HATN pertama kali dicanangkan saat acara Festival Ayam dan Telur oleh Menteri Pertanian Suswono di Jakarta pada 15 Oktober 2011. Sejak saat itu, setiap tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Ayam dan Telur Nasional. Tujuan adanya hari ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama anak sekolah, bahwa mengkonsumsi ayam dan telur itu penting.

Daging ayam dan telur merupakan sumber protein hewani yang dapat menunjang pertumbuhan dan imunitas tubuh. Ayam dan telur lebih mudah didapat dibandingkan dengan sumber protein hewani lain.

Hari Perempuan Pedesaan Sedunia

Hari ini didedikasikan untuk para perempuan yang tinggal di daerah pedesaan terpencil, sekaligus merayakan pencapaian dan kontribusi mereka terhadap pembangunan dan di sektor pertanian. Hari ini ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada 18 Desember 2007. Sejak saat itu, Hari Perempuan Pedesaan Sedunia diperingati secara global di banyak negara.

Hari Mencuci Tangan Sedunia

Sesuai namanya, hari ini menyoroti pentingnya mencuci tangan dengan sabun. Hari Mencuci Tangan Sedunia dibuat oleh Kemitraan Cuci Tangan Global (GHP) dan pertama kali diadakan pada tahun 2008.

Sejak saat itu, para pemimpin nasional dan berbagai kelompok masyarakat telah menggunakan hari ini untuk menyebarkan kesadaran tentang pentingnya tangan yang bersih. Hari Mencuci Tangan Sedunia menjadi kesempatan untuk merancang dan menerapkan cara-cara kreatif guna mendorong orang mencuci tangan dengan sabun.

Hari Hak Asasi Hewan

Setiap tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Hak Asasi Hewan. Hari ini lahir dari deklarasi universal hak dasar hewan di kantor pusat UNESCO, Paris, Prancis, pada tahun 1978. Deklarasi tersebut didukung oleh 46 negara dan 330 kelompok pendukung hewan.

Manusia memiliki tanggung jawab untuk memastikan semua makhluk hidup dilindungi, termasuk hewan. Sama seperti manusia, hewan juga memiliki hak untuk hidup tanpa rasa sakit dan menderita.

Atas dasar inilah, hak asasi hewan dibuat untuk menjamin hak hidup dan kesejahteraan hewan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here