Saturday, 11 May 2024
HomeNasional21 Oktober Memperingati Apa? Cek di Sini!

21 Oktober Memperingati Apa? Cek di Sini!

Bogordaily.net – 21 Oktober 2022 memperingati hari apa? Setidaknya ada dua perayaan yang biasanya dirayakan bertepatan dengan tanggal 21 Oktober setiap tahunnya.

Tahun ini, tanggal 21 Oktober jatuh pada hari Jumat, dan pada hari ini ada dua peringatan besar. Pertama, peringatan Hari Pencegahan Kekurangan Yodium Sedunia dan Celebration of the Mind Day (CoM) atau Perayaan Pikiran.

Berikut penjelasan dan sejarah mengenai 21 Oktober memperingati hari apa.

Hari Pencegahan Kekurangan Yodium Sedunia

Hari Pencegahan Kekurangan Yodium Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 21 Oktober. Hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik akan fungsi penting yodium bagi kesehatan manusia.

Yodium adalah mikronutrien yang diperlukan oleh tubuh, serta penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Kekurangan atau defisiensi yodium merupakan penyebab utama penyakit gondok atau goiter dan hipotiroid.

Adanya hari ini diharapkan dapat menyebarkan informasi mengenai pentingnya yodium dalam mencegah komplikasi yang berhubungan dengan kekurangan yodium.

Celebration of the Mind Day

Celebration of the Mind Day (CoM) atau Perayaan Pikiran diperingati setiap tanggal 21 Oktober. Tanggal ini merupakan tanggal kelahiran matematikawan terkenal, Martin Gardner.

Hari ini dikembangkan oleh Gathering 4 Gardner Foundation dengan tujuan menyatukan orang-orang selama sehari untuk menjelajahi teka-teki, permainan yang mengasah otak, matematika, dan sulap.

Secara umum, hari ini dibuat untuk memperkenalkan matematika sebagai sesuatu yang menyenangkan. Martin Gardner adalah seorang ‘mathemagician’, istilah untuk menyebut seorang matematikawan yang juga seorang pesulap.

Ia dikenal karena memperkenalkan dan mempelopori matematika rekreasi, sebuah metode untuk menciptakan pembelajaran matematika yang menyenangkan, seperti dengan aktivitas permainan.

Adanya perayaan ini diharapkan dapat membuat semakin banyak orang menyadari bahwa matematika dan sains merupakan hal yang menyenangkan dan menarik.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here