Tuesday, 7 May 2024
HomeHiburan24 Oktober Hari Libur? Ini Penjelasannya!

24 Oktober Hari Libur? Ini Penjelasannya!

Bogordaily.net – Tanggal 24 Oktober hari libur? Setiap tahunnya setiap tahun diperingati sejumlah bertepatan dengan tanggal 24 oktober tersebut.

Ada sejumlah hari besar yang diperingat di hampir seluruh belahan dunia. Salah satunya, umat Hindu di seluruh dunia merayakan Diwali. Selain itu, ada juga peringatan-peringatan lain hari ini.
Berikut penjelasan tersebut:

Diwali

Diwali atau Deepavali dirayakan pada tanggal 24 Oktober tahun ini. Perayaan yang dikenal sebagai ‘festival cahaya' ini dirayakan oleh jutaan umat Hindu, Jainisme dan Sikhisme di seluruh dunia.

Deepavali berasal dari avali yang berarti baris dan deepa yang berarti lampu tanah liat. Jika digabungkan, kata-kata ini berarti deretan lampu. Oleh karena itu, lampu merupakan simbol dari perayaan ini. Diwali menandai kemenangan kebaikan atas kejahatan. Diwali membawa kabar gembira dan janji akan hari esok yang lebih baik.

Meskipun dalam mitologi Hindu, ada beberapa variasi mengenai asal usul hari ini, namun perayaan dan ritualnya tetap sama di seluruh benua. Orang-orang akan menyalakan lampu di rumah mereka dan mengadakan pesta besar untuk merayakan kebahagiaan, masa-masa indah dan keberuntungan.

Hari Dokter Nasional

Hari Dokter Nasional dirayakan setiap tahun pada tanggal 24 Oktober. Hari ini juga sekaligus menjadi hari jadi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang ke-72 tahun. Hari ini menandai berdirinya IDI, yakni 24 Oktober 1950.

Pada tanggal tersebut, IDI secara resmi mendapatkan legalitas hukum di depan notaris. Hari Dokter Nasional dibuat sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa para dokter kepada masyarakat.

Hari Polio Sedunia

Hari Polio Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 24 Oktober. Hari ini dibuat untuk memperingati upaya global menuju masa depan bebas polio, serta jasa dari orang-orang yang bekerja dalam memberantas polio di seluruh dunia.

Hari Polio Sedunia didirikan oleh Rotary International untuk memperingati kelahiran Jonas Salk, pemimpin tim pembuatan vaksin Polio pertama. Tanggal yang dipilih pun merupakan tanggal kelahiran Jonas Salk. Polio atau poliomyelitis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus polio.

Virus polio atau poliovirus disebarkan melalui makanan, air minum, dan melalui tangan yang terkontaminasi oleh kotoran maupun dahak penderita. Penyakit ini hanya dapat dihindari melalui vaksinasi.

Hari Perserikatan Bangsa-bangsa

Hari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) diperingati pada tanggal 24 Oktober. Hari ini menandai mulai berlakunya Piagam PBB pada tahun 1945.

Dengan ratifikasi dokumen pendirian ini, PBB secara resmi terbentuk. Untuk diketahui, PBB berdiri pada 24 Oktober 1945. PBB berdiri sebagai organisasi persatuan negara-negara yang bertujuan untuk menjaga perdamaian dunia.

Hari Informasi Pembangunan Sedunia

Hari Informasi Pembangunan Sedunia jatuh pada tanggal 24 Oktober. Pada tahun 1972, Konferensi PBB tentang Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) mengeluarkan resolusi untuk menetapkan Hari Informasi Pembangunan Dunia. Hari ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran tentang hambatan pembangunan di banyak negara dan cara mengatasinya.

24 Oktober adalah tanggal yang diputuskan untuk Hari Informasi Pembangunan Dunia karena bertepatan dengan Hari PBB. Tanggal ini dipilih karena pembangunan adalah salah satu pekerjaan utama dari organisasi dunia tersebut.

Jadi sekarang sudah tahu 24 Oktober memperingati hari apa? Jadi apakah 24 Oktober libur ? ***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here