Monday, 6 May 2024
HomeNasional27 Oktober Memperingati Hari Apa? Cek di Sini!

27 Oktober Memperingati Hari Apa? Cek di Sini!

Bogordaily.net – 27 Oktober memperingati hari apa? Ada beberapa hari besar yang bisa dirayakan pada tanggal tersebut, yang kebetulan tahun ini jatuh pada hari Kamis.

Pada hari ini, ada tiga peringatan. Hari Penerbangan Nasional, dan peringatan-peringatan lain hari ini.

Berikut akan diulas mengenai perayaan tersebut

Hari Penerbangan Nasional

Hari Penerbangan Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 27 Oktober. Latar belakang lahirnya peringatan ini tidak lepas dari peristiwa penting yang terjadi pada 27 Oktober 1945.

Pada saat itu, untuk pertama kalinya, Komodor Udara Agustinus Adisutjipto berhasil menerbangkan pesawat cureng di langit Indonesia dengan membawa bendera Merah Putih.

Dalam peristiwa bersejarah ini, Adisutjipto berangkat dari Pangkalan Udara Maguwono menggunakan pesawat Cureng yang merupakan hasil rampasan dari penjajah Jepang.

Hari Listrik Nasional

Tahun ini merupakan Hari Listrik Nasional (HLN) yang ke-77. Hari ini dibuat untuk memperingati momentum nasionalisasi perusahaan-perusahaan listrik dan gas yang sebelumnya dikuasai Jepang.

Setelah direbut oleh para pemuda dan buruh listrik, perusahaan-perusahaan tersebut diserahkan kepada pemerintah Indonesia dan diterima oleh Presiden Soekarno. Pemerintah lalu membentuk Jawatan Listrik dan Gas di bawah Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga melalui Penetapan Pemerintah Nomor 1 Tahun 1945 pada tanggal 27 Oktober 1945.

Tanggal ini kemudian diperingati sebagai Hari Listrik Nasional yang tidak hanya milik PLN, namun juga seluruh pemangku kelistrikan dan rakyat Indonesia.

Hari Warisan Audiovisual Sedunia

Hari Warisan Audiovisual Sedunia diperingati setiap tanggal 27 Oktober untuk mengingatkan pentingnya pengarsipan dan pelestarian sumber audio visual atau AV.

Audiovisual dapat berupa klip pendek, dokumenter atau bentuk lainnya. Kelalaian dan kurangnya upaya pelestarian seringkali membuat banyak koleksi audio visual hilang. Hari ini menjadi pengingat akan pentingnya melestarikan, mengarsipkan, dan memelihara audiovisual sebelum terlambat.

Hari Warisan Audiovisual Sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 2005. Hari ini dibuat oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) bekerja sama dengan Dewan Koordinasi Asosiasi Arsip Audio Visual (CCAAA).

Nah, kini sudah bisa diketahui, 27 Oktober Memperingati Hari Apa? Selamat merayakan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here