Tuesday, 7 May 2024
HomeNasional28 Oktober Memperingati Hari Apa? Cek Disini!

28 Oktober Memperingati Hari Apa? Cek Disini!

Bogordaily.net – 28 Oktober memperingati hari apa? Ada beberapa hari besar yang diperingati setiap tahunnya di dunia. Setidaknya ada tiga hari besar yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober ini.

Tahun ini, 28 Oktober 2022 jatuh pada hari Jumat. Tiga itu yakni, , Hari Animasi Internasional dan Hari Lemur Sedunia.

Berikut ulasan tersebut:

diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Pada peringatan ke-94 tahun ini, tema yang diangkat adalah “Bersama Bangun Bangsa”.

Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Sejarah Sumpah Pemuda berkaitan erat dengan keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita bersama akan adanya tanah air Indonesia, bangsa Indonesia dan bahasa Indonesia.

Hari Animasi Internasional

Hari Animasi Internasional dirayakan pada tanggal 28 Oktober. Hari ini dibuat untuk merayakan dan mengapresiasi gambar statis yang bergerak sebagai seni kreatif dan industri yang dinamis.

Pada tahun 2002, Asosiasi Film Animasi Internasional (Association Internationale du Film d'Animation) membuat hari ini untuk memperingati hari ketika animasi pertama kali muncul di depan umum.

Hari yang dimaksud adalah, ketika Charles-Émile Reynaud dan Théâtre Optique-nya mempresentasikan produksi pertamanya, Pantomimes Lumineuses di Museum Grévin, Paris pada 28 Oktober 1892. Pantomimes Lumineuses merupakan kumpulan tiga kartun, yakni Pauvre Pierrot, Un Bon Bock, dan Le Clown et Ses Chiens.

Hari Lemur Sedunia

Hari Lemur Sedunia diperingati pada hari Jumat terakhir bulan Oktober sejak tahun 2014. Tahun ini, hari tersebut jatuh pada tanggal 28 Oktober.

Tujuan dari dibuatnya Hari Lemur Sedunia adalah untuk merayakan keunikan primata yang termasuk dalam subordo Strepsirrhini ini. Selain itu, hari ini juga dibuat untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya melestarikan spesies yang terancam punah ini.

Saat ini, beberapa spesies lemur terancam punah. Mereka terancam oleh segudang masalah lingkungan, perburuan, perubahan iklim, dan hingga perdagangan hewan. Perusakan lingkungan dan degradasi habitat juga membuat populasi hewan ini terus merosot.

Demikian ulasan mengenai 28 Oktober memperingati hari apa? Kini sudah tahu jawabannya!***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here