Wednesday, 15 May 2024
HomeEkonomi3 Langkah Finansial yang Harus Diakukan Jelang Resesi 2023

3 Langkah Finansial yang Harus Diakukan Jelang Resesi 2023

Bogordaily.net – Ramai kabar perekonomian Indonesia pada tahun 2023 akan memburuk. Hal ini tentu membawa kekhawatiran tersendiri bagi kita, apalagi yang kondisi belum pulih 100% setelah pandemi.

Tentu, khawatir itu hal yang wajar, namun bukan berarti kita boleh panik. Untuk mengurangi kekhawatiran tersebut, ada tiga langkah yang dapat kita lakukan, yaitu:

1. Miliki dana darurat yang cukup

Memiliki dana darurat akan sangat berguna ketika kita tiba-tiba mengalami kejadian buruk yang tidak terprediksi sebelumnya.

Seperti terkena PHK, ada salah satu anggota keluarga yang sakit, atau tiba-tiba kendaraan kita harus masuk bengkel. Ingat, simpan dana darurat kita ke dalam aset yang mudah dicairkan sewaktu-waktu kita membutuhkannya.

2. Kurangin hutang konsumtif

Dampak dari resesi yang mungkin terjadi adalah kenaikan harga dan suku bunga, meskipun setiap negara bisa berbeda situasinya. Jika memang begitu, maka dampak yang terjadi pada kita ialah, jumlah anggaran kita yang tentunya ikut naik.

Untuk yang masih memiliki cicilan di bank, silahkan dipertimbangkan kembali apakah masih mampu untuk membayar atau tidak? Atur ulang strategi untuk menyiasati hutang tersebut.

3. Ubah kebiasaan belanja kita

Bagaimanapun kondisi kita saat ini, tidak ada salahya kita evaluasi kembali pola belanja kita. Apakah tergolong masih sehat atau sudah mengarah ke perilaku impulsif.

Jika dirasa harus melakukan penghematan, maka kita bisa membiasakan diri berhemat mulai dari sekarang. Atur ulang budgetting harian atau bulanan kita, usahakan kita disiplin dalam penerapannya. Jangan sampai ada “bocor halus” yang menyebabkan kita menjadi kacau.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here