Saturday, 20 April 2024
HomeBerita4 Jenis Ikan yang Dipercaya Bisa Turunkan Kolesterol

4 Jenis Ikan yang Dipercaya Bisa Turunkan Kolesterol

Bogordaily.net – Sejumlah ahli menyebut rutin konsumsi adalah salah satu cara terbaik untuk menurukan kolesterol. Bahkan jenis diketahui memiliki kandungan lemak yang justru baik.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu 12 Oktober 2022 berikut empat jenis yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi:

1. Salmon

Salmon mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Selain baik bagi jantung, vitamin E pada salmon juga bermanfaat dalam menjaga kulit.

Kandungan asam lemak omega-3 pada salmon dapat mencegah penyakit kardiovaskular yang berhubungan dengan kolesterol tinggi.

2. Makarel

Dalam 100 gram makarel juga memiliki kandungan gizi yang kompleks, antara lain seperti: Air 65,73 gram Kalori 189 kkal Protein 19,08 gram Lemak 11, 91 gram.

Makarel juga kaya akan asam lemak omega-3 yang membantu memelihara jantung tetap sehat dan juga mengurangi gejala depresi.

Sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Atherosclerosis menunjukkan bahwa pemberian tiga kaleng makarel setiap hari selama delapan bulan dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan pada 12 peserta yang mengalami penyakit hipertensi.

3. Ikan Herring

Mungkin nama ikan Herring tidak begitu populer di Indonesia. Ikan Herring jug memiliki kandungan gizi yang sama tingginya dan aman untuk dikonsumsi bagi para penderita kolesterol.

Minyak ikan yang berasal dari asam lemak omega-3 dapat melindungi jantung dari kerusakkan sel-sel. Omega 3 dalam ikan Herring membantu menurunkan kadar trigliserida tinggi.

Trigliserida adalah lemak dalam darah untuk melindungi jantung, namun bila kadarnya berlebihan akan memicu kolesterol jahat.

5. Ikan Nila

Ikan air tawar jenis Nila ini mungkin tidak menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh anda, namun Ikan Nila aman dikonsumsi bagi penderita kolesterol.

Kandungan giziikan nila dapat mencukupi kebutuhan nutrisi penderita kolesterol yaitu, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Disamping itu Ikan nila memiliki asam lemak omega 3, yang membantu menjaga kadar kolesterol tubuh.

Selain itu, membuat otot lebih baik dalam merspon horomon insulin. Sehingga, kandungan ikan nila juga bisa memberi dampak yang baik pada pengidap penyakit diabetes karena kandungan protein nya yang tinggi.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here