Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaMantan Perokok Catat! Ini 4 Makanan Terbaik untuk Bersihkan Paru-Paru

Mantan Perokok Catat! Ini 4 Makanan Terbaik untuk Bersihkan Paru-Paru

Bogordaily.net – Ahli kesehatan menyarankan ada cara lain untuk bersihkan paru-paru secara alami, yakni dengan rajin mengonsumsi bernutrisi. Metode ini bisa membantu mengurangi kerusakan organ vital tersebut.

Menurut info dari Healthline, ada beberapa jenis makanan yang punya khasiat tinggi menghilangkan racun tembakau atau nikotin di organ paru-paru:

1. Apel

Banyak penelitian yang membuktikan jika mengonsumsi apel dengan teratur dan rutin dapat meningkatkan sistem kerja paru-paru. Bukan itu saja, jika kalian minimal menyantap 5 butir ini setiap minggu, dapat mencegah Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

Selain itu juga mengurangi risiko asma dan kanker paru-paru karena apel sangat kaya dengan kandungan konsentrasi antioksidan, vitamin C, dan flavanoid.

2. Labu

Kandungan karotenoid, beta karoten, zeaxanthin dan lutein yang terdapat dalam labu sangat bagus untuk menjaga kesehatan paru-paru. Terlebih semua kandungan ini bersifat anti inflamasi dan antioksidan. Bahkan khusus untuk karotenaid bisa berperan sebagai peningkat fungsi dan sistem kerja paru-paru.

3. Tomat

Selanjutnya, makanan yang dapat bersihkan paru-paru ada di dalam tomat antara lain karatenoid, antioksidan, dan likopen. Tidak hanya untuk menunjang kesehatan paru-paru saja, menyantap ini dengan rajin juga akan mengurangi risiko radang di saluran napas, terutama untuk penderita asma dan pengidap PPOK.

4. Blueberry

Bluberry adalah dengan kandungan nutrisi tinggi seperti anthocyanin, cyanidin, maldivin, peonidin, petunidin, dan delphinidin. Semua senyawa ini mampu memberi perlindungan optimal terhadap risiko kerusakan oksidatif atau kerusakan sel paru-paru.

Dalam situsnya Alodokter memaparkan, oksidatif merupakan gangguan yang terjadi karena jumlah racun yang lebih banyak daripada zat antiracun atau antioksidan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here