Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaSelain Jadi Tanaman Hias, 4 Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan

Selain Jadi Tanaman Hias, 4 Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan

Bogordaily.net – Selain menjadi yang indah dipandang mata, mawar juga bisa bermanfaat untuk kecantikan dan . Bahkan ini pun bisa dikonsumsi sebagai minuman atau makanan yang banyak bermanfaat.

Kemudian ada banyak olahan mawar yang bisa ditemukan di pasaran, mulai dari air mawar, minyak esensial, produk kecantikan seperti kosmetik ataupun skincare.

Akan tetapi, ada pula orang yang langsung mengonsumsi kelopak mawar karena dipercaya mempunyai khasiat tertentu, terutama bagi tubuh.

Dirangkum dari Yoursay, berikut empat manfaat mawar untuk yang jarang diketahui:

1. Baik untuk saluran pencernaan

Salah satu manfaat bunga mawar adalah bisa membuat pencernaan sehat. Hal ini karena kelopak bunga ini dapat melancarkan aliran empedu sehingga masalah pencernaan seperti perut kembung bisa diatasi.

Kemudian dengan mengonsumsi mawar yang sudah diolah seperti air mawar ini juga mempunyai efek zat laksatif, yang mana berarti dapat meningkatkan produksi ait pada saluran pembuangan bagi yang kerap menderita konstipasi.

2. Baik untuk saluran pernapasan

Manfaat bunga ini bagi yang lainnya adalah dapat menjadi antiperadangan pada tubuh dan bisa mengurangi radang tenggorokan.

Bunga mawar untuk mengatasi radang tenggorokan bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi air mawar atau teh mawar hangat.

3. Membuat mata sehat

Air mawar juga bisa digunakan menjadi obat tetes mata alami, lho! Bahkan tetes mata yang terbuat dari air mawar ini dapat membantu proses penyembuhan penyakit mata seperti mata merah, mata kering, pasca operasi penyakit mata degeneratif, seperti katarak dan pterygium atau pinguecula.

4. Mengatasi sakit kepala

Selain itu, bunga ini dijadikan minyak esensial ini menurut ahli aromanya dapat dipercaya untuk meredakan sakit kepala, termasuk migrain.

Dengan menghirup aroma minyak essensial mawar hal ini juga bisa meningkatkan mood dan menghindarkan diri dari kondisi cemas ataupun depresi.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here