Friday, 29 March 2024
HomeTravellingCocok Buat Pendaki, Ini 5 Tempat Wisata Gunung di Jawa Barat

Cocok Buat Pendaki, Ini 5 Tempat Wisata Gunung di Jawa Barat

Bogordaily.net– Mendaki merupakan aktivitas yang menyatu dengan alam, sehingga banyak yang ketagihan. Banyak hal yang bisa dinikmati di , mulai dari , panorama, udara sejuk, menghabiskan waktu di alam, dan terasa suasana berolahraga. Bagi yang suka mendaki berikut rekomendasi tempat yang indah di Jawa Barat sebagaimana dilansir SuaraSumedang.id dari Disparbud Jabar:

Salak

Salak termasuk salah satu wisata di Jawa Barat. Memiliki ketinggian 2211 mdpl dengan jalur pendakian yang terbilang dan menjadi pilihan pehobi pendaki, ini terletak di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ini dapat didaki melalui beberapa jalur pendakian. Terdapat dua puncak di Gunung Salak tersebut yang kerap menjadi tujuan dari pendakian, yakni Puncak Salak II dan Salak I.

Namun, untuk jalur yang paling ramai pendaki adalah melalui Curug Nangka, dari sisi utara Gunung Salak tersebut. Melalui jalur itu, pendaki akan sampai ke Puncak Salak II. Sementara untuk Puncak Salak I biasanya didaki melalui arah timur, yakni Cimelati dekat Cicurug, Sukabumi.

Gunung Putri

Gunung Putri berlokasi di Kabupaten Bandung Barat, untuk menuju puncak terdapat jalur yang cukup mudah terutama bagi para pecinta pendakian gunung. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.580 mdpl. Terdapat dua jalur pendakian untuk bisa sampai ke puncak.

Pertama, dari Pasar Lembang bisa mengambil arah ke Tangkuban Perahu, lalu melewati Masjid Agung Lembang. Tak jauh dari sana terdapat gang di mana ada petunjuk arah menuju Gunung Putri. Dari gang tersebut, pendaki hanya tinggal mengikuti jalan kurang lebih 15-20 menit untuk sampai akhirnya bertemu dengan gerbang kawasan Gunung Putri.

Gunung Burangrang

Gunung Burangrang memiliki ketinggian sekitar 2064 meteri di atas permukaan laut (mdpl) bisa dijadikan latihan bagi pendaki pemula untuk mendaki gunung yang lebih tinggi. Gunung Burangrang ini terletak di daerah Cisarua, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, yang berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta serta Subang.

Untuk jarak tempuh perjalanan dari basecamp (tempat perizinan, dan parkir kendaraan) menuju puncak hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak.

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan memiliki dua jalur pendakian, yang pertama adalah jalur Cisurupan, Kabupaten Garut, yang lebih mudah untuk pendaki pemula. Sementara jalur kedua melalui jalur Pandeglang yang memiliki jalur pendakian dengan trek lebih terjal.

Memiliki ketinggian 2.665 mdpl, Gunung Papandayan sering dijadikan tujuan mendaki untuk pemula. Daya tarik utama dari Gunung Papandayan adalah hutan mati yang banyak dijadikan tempat untuk berswafoto.

Di atas puncak gunung tersebut terdapat sejumlah kawah, adalah Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Maka tak heran jika melakukan trekking memasuki area kawah bebatuan di gunung tersebut, tercium bau belerang yang kuat.

Gunung Cikuray

Gunung ini dikenal menyuguhkan panorama lautan awan yang memikat para pendaki, dan memiliki ketinggian sekitar 2.821 mdpl. Gunung Cikuray disebut sebagai satu di antara yang terbaik, karena terdapat enam jalur pendakian yang umum dilalui oleh para pendaki. Jalur pemancar merupakan jalur paling populer yang titik awal pendakian dimulai dari Stasiun Pemancar Televisi Garut. Opsi kedua, adalah summit trek melalui Kiara Janggot. Untuk pilihan trek lebih singkat ada jalur Pamalayan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here