Friday, 26 April 2024
HomeHiburan6 Cara Mudah Mengatasi Anak yang Masih Sering Ngompol

6 Cara Mudah Mengatasi Anak yang Masih Sering Ngompol

Bogordaily.net – Mungkin Anda khawatir dan frustasi jika anak masih saja mengompol meski ia sudah beranjak besar. Terkadang, Anda tidak sadar sudah memarahinya karena kebiasaan ini masih saja belum hilang. Sebenarnya, ada banyak yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kebiasaan ini.

Jika anak masih tetap meski telah memasuki usia lebih dari 7 tahun, ibu harus mulai menghentikan kebiasaan ini. Berikut beberapa mengatasi mengompol pada anak:

1. Mengajak Anak ke Toilet Secara Rutin

Cara termudah yang bisa ibu lakukan adalah membiasakan anak pergi ke toilet meski belum ingin buang air kecil. Setidaknya, ajak Si Kecil untuk ke toilet sebanyak dua sampai tiga kali pada siang hari, dan satu kali sebelum tidur malam. Sebab, lebih sering terjadi ketika anak sedang tidur.

2. Kurangi minum sebelum tidur

Jika memungkinkan, usahakan agar anak tidak minum selama 1-2 jam sebelum tidur. Penting juga untuk memastikan anak tetap terhidrasi dan minum secara teratur sepanjang hari demi menghindari rasa haus berlebih menjelang waktu tidur.

3. Mengatur Asupan Cairan Anak

Membatasi asupan cairan anak juga bisa menjadi efektif untuk menghentikan kebiasaan mengompol. Namun, pastikan kebutuhan cairan harian tubuhnya tetap terpenuhi. Misalnya, ibu bisa membiarkan anak minum lebih banyak pada pagi hingga siang hari, dan mulai mengurangi asupannya 1 sampai 2 jam sebelum tidur malam.

Membatasi asupan cairan pada malam hari bisa membantu mengurangi aktivitas kandung kemih yang bisa memicu anak mengompol saat tidur.

4. Pastikan toilet mudah dijangkau

Beberapa anak mungkin mengompol karena tidak dapat pergi ke toilet tepat waktu.

Jika ini penyebabnya, sebaiknya pastikan bahwa toilet dapat dengan mudah dijangkau oleh anak pada malam hari, seperti lokasi yang dekat dengan tempat tidur atau menyalakan lampu di sekitar toilet.

5.Alarm

Anda juga bisa memberikan alarm untuk mengatasi kebiasaan ini. Alarm bisa Anda pasang di piyama atau tempat tidur anak.

Alat ini memiliki sensor kelembapan. Dengan begitu, alarm akan berbunyi ketika anak mulai buang air kecil dan menimbulkan basah di baju atau tempat tidurnya.

6. Berikan Apresiasi ketika Tidak Mengompol

Jangan lelah untuk memberikan dukungan, mengajari, dan memberikan apresiasi ketika anak berhasil tidak mengompol. Sebab, kesuksesan anak untuk tak lagi mengompol tentu berkaitan erat dengan motivasi dan dukungan dari orangtua.

Mengompol sebenarnya menjadi proses yang terjadi secara alami pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Kondisi ini akan menghilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia anak. Apabila anak tak juga berhenti mengompol meski ibu sudah melakukan beberapa di atas, tanyakan segera pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here