Sunday, 28 April 2024
HomeKuliner7 Cara Menghilangkan Bau Jengkol yang Menyengat Sebelum Dimasak

7 Cara Menghilangkan Bau Jengkol yang Menyengat Sebelum Dimasak

Bogordaily.net – Tidak dapat dipugkiri bahwa bau merupakan kekurangan yang paling dominan. Sayangnya, karena baunya, banyak orang yang memilih menghindari untuk mengonsumsinya. Namun, ada banyak cara menghilangkan bau sebelum dimasak lho.

memang memiliki aroma kuat dan menyengat. Aroma ini dapat tertinggal di mulut dan menyebabkan bau tak sedap.

Penyebab bau pada ini berasal dari asam amino yang membentuk sulfur.

Cara menghilangkan bau sebelum dimasak tentu banyak dicari orang. Pasalnya, adalah salah satu bahan masakan yang cukup banyak diminati.

Rasa yang gurih dan teksturnya yang lembut membuat banyak orang tidak dapat menolak kelezatannya.

Berikut ini cara menghilangkan bau sebelum dimasak.

1. Air Es

Langkah mudah pertama cara menghilangkan bau adalah dengan merendamnya dalam air es.

Cukup rendam semalaman agar racun dan baunya dapat ternetralisir. Selain dengan air es, Moms juga bisa merendamnya dengan air kapur sirih. Tak perlu takut, rasa jengkol akan tetap sama dan tak berubah kok.

2. Rebus hingga matang

Setelah direndam, rebus jengkol hingga matang. Cara ini juga bisa mengurangi baunya. Cukup sampai matang saja, tak perlu hingga empuk. Buang airnya dan bilas bersih.

3. Cuci dengan air beras

Air beras juga bisa mengurangi bau jengkol, sisihkan air beras setelah mencuci beras. Kupas jengkol dan rendam di dalamnya selama beberapa jam sebelum dimasak.

4. Rebus dengan daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau jengkol. Caranya, cukup rebus bersama daun jambu biji hingga empuk lalu buang air rebusannya.

Rupanya, daun jambu biji ini tak hanya dapat menetralisir bau, tetapi juga mengurangi kandungan racun di dalam jengkol, lho!

5. Rebus dengan kopi

Dengan aroma kopi yang kuat, kita bisa hilangkan bau jengkol  dengan merendam atau merebusnya hingga matang. Jika tak punya waktu merendam semalaman, rebus saja 1 sdm bubuk kopi dengan 1 kilogram jengkol.

6. Rebus dengan daun jeruk

Sama halnya dengan daun salam, daun jeruk juga bisa mengurangi baunya. Akan lebih baik jika jengkol sudah dikupas dan dipotong-potong ketika akan direbus agar baunya hilang lebih banyak.

7. Rebus dengan kapur sirih

Ada juga yang menggunakan bubuk kapur dan daun sirih untuk menghilangkan bau jengkol. Bilas bersih setelah merebusnya hingga matang untuk menghilangkan kapur pada jengkol.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here