Tuesday, 23 April 2024
HomeBerita7 Ciri-Ciri Mental Sehat, Apakah Kamu Memilikinya?

7 Ciri-Ciri Mental Sehat, Apakah Kamu Memilikinya?

Bogordaily.net – Pernahkan kamu mengira bahwa mental kamu sedang dalam keadaan sehat? Mungkin saja kamu sedang mengalami mental yang kurang baik tapi kamu tidak menyadarinya. Coba cari tahu ciri-ciri berikut, apa kamu punya semua?

Memiliki mental yang sehat pasti sangat diinginkan oleh setiap orang, karena selain fisik, mental juga perlu dimiliki dan dijaga bagi setiap orang.

Sama pentingnya dengan menjaga fisik, menjaga mental juga harus diperhatikan. Saat , kita bisa menikmati hidup, lebih kreatif, berani mencoba hal baru, dan bahagia menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat.

berikut beberapa tanda yang sebaiknya ada dalam diri kamu:

1. Menerima Berbagai Perasaan

Bisa menerima berbagai perasaan atau emosi adalah salah satu ciri mental sehat. Pasalnya, hidup pada dasarnya tidak selalu berjalan lurus, kadang ada hari baik dan hari buruk.

Kalau kamu mampu menghadapi segala emosi yang muncul dengan bijak, maka kamu tergolong memiliki mental sehat. Kamu terbiasa mampu mengendalikan perasaan, misalnya tidak senang berlebihan maupun sedih berlarut-larut.

2. Merasa Memiliki

Tanda mental sehat berikutnya adalah saat kamu merasa berharga dan tidak kehilangan arah atau hampa. Ketika mental sehat, seseorang akan cenderung memiliki rasa kebersamaan dan spiritual yang kuat, sehingga yakin bahwa dirinya berharga.

3. Berani Mengatakan “Tidak”

Terkadang, berani mengatakan “tidak” untuk hal-hal yang tidak kamu suka itu penting! Kamu harus tahu kapan perlu bilang “tidak” dan berani mengutarakannya.

Berani bilang “tidak” dalam kondisi tertentu baik untuk menjaga mental, karena batasan pribadi dihargai.

4. Hubungan Sosial Terjalin Baik

Orang-orang yang sehat mental biasanya dapat dicirikan dari kehidupan sosial yang erat.

Ketika mental sehat, kamu akan mampu menghargai diri sendiri. Efek positifnya, kamu juga akan menghargai cinta, waktu, dan usaha dari orang-orang terdekat. Ini bisa membangun ikatan yang lebih kuat dengan teman, anggota keluarga, dan rekan kerja.

5. Percaya Diri

Kepercayaan diri yang baik juga penting untuk mental yang sehat. Ingat, harga dirimu tidak bergantung pada persepsi orang lain atau seberapa banyak kesuksesan yang bisa diperoleh.

Kalau kamu percaya diri, kamu akan tahu dan yakin dengan prinsip pribadi. Ciri mental sehat adalah tidak bergantung pada orang lain hanya untuk membuat diri merasa lebih baik.

6. Realistis

Kamu tahu batas, sehingga dapat menghindari kekecewaan atau ekspektasi berlebihan. Faktor ini merupakan tanda mental sehat karena kamu mampu mencegah atau mengelola stres.

Karena kemampuan tersebut, kamu pun dapat lebih mudah fokus mengembangkan potensi diri dan menjalani kegiatan.

7. Tidak Iri Hati

Kamu ikut senang dengan prestasi teman? Selamat, artinya kamu termasuk orang yang sehat mental!

Tanda mental sehat yang tak kalah penting adalah mampu merasa bahagia dengan tulus atas kebahagiaan orang lain dan tidak asal cemburu.

8. Mensyukuri Hidup

Kamu merasa cukup dan bersyukur atas hal-hal yang kamu miliki, sehingga perasaan juga lebih damai dan bahagia. Mental yang sehat dapat terbangun dari hal ini.

Ketika kamu sehat mental dan bersyukur, segala rintangan dapat kamu lihat sebagai kesempatan untuk belajar sehingga tidak ada stres berlebih. Jadi, jangan lupa bersyukur, ya!

Tak perlu berkecil hati kalau kamu punya sedikit dari ciri-ciri mental sehat di atas. Berusahalah pelan-pelan untuk memperbaiki mental agar jiwa lebih lega dan bahagia, serta aktivitas berjalan lancar.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here