Tuesday, 28 May 2024
HomeBerita7 Daftar Negara dengan Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

7 Daftar Negara dengan Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

Bogordaily.net selalu menciptakan momen-momen penting yang selalu dikenang, mulai dari gol, pelanggaran, selebrasi bahkan partisipasi negara peserta. Inilah tujuh negara yang paling banyak .

2022 akan segera bergulir. Dijadwalkan, ajang empat tahunan ini akan berlangsung pada November mendatang di Qatar.

Hanya tersedia 32 slot, semua negara di dunia bersaing untuk mengamankan tiket. Masuk ke putaran final saja sudah merupakan prestasi.

Sejauh ini sudah ada 29 negara yang memastikan tiket ke putaran final. Tiga tiket tersisa akan diperebutkan oleh sembilan negara yang masih akan bersaing di babak Play Off.

Namun, dalam sejarah , ada beberapa negara yang menjadi langganan tampil di ajang ini. Berikut lima negara yang berpartisipasi di .

1. Brasil (21 Kali)

Brasil menjadi negara yang berpartisipasi dalam gelaran . Negara asal Amerika Selatan itu memang dikenal sebagai penghasil bintang lapangan hijau. Hingga saat ini, Brasil telah berpartisipasi di ajang bergengsi ini sebanyak 21 kali atau di semua edisi.

Dengan catatan tersebut, Brasil juga berstatus sebagai negara tersukses di Piala Dunia. Hingga edisi tahun 2018, Negeri Samba telah menjuarai Piala Dunia sebanyak 5 kali. Terakhir kali mereka juara adalah pada tahun 2002 yang diselenggarakan di Korea Selatan dan Jepang. Di Piala Dunia 2022 nanti, Brasil juga dipastikan akan ikut serta.

2. Jerman (19 kali)

Jerman menjadi negara yang mewakili Benua Eropa di ajang Piala Dunia. Jerman dua kali absen di Piala Dunia, tepatnya pada edisi pertama dan tahun 1950. Dari 19 kali kesempatan, Der Panser juga telah sukses menjuarai Piala Dunia.

Total sudah 4 trofi Piala Dunia sudah di koleksi hingga saat ini. Piala Dunia 2014 menjadi yang terakhir mereka mengangkat trofi ajang ini. Sama seperti Brasil, Jerman juga telah memastikan tiket mereka untuk berlaga di Piala Dunia 2022.

3. Italia (18 Kali)

Negara Eropa lainnya yang juga sering berpartisipasi di ajang Piala Dunia adalah Italia. Sayangnya, Gli Azzurri harus absen dalam edisi terakhir, yakni tahun 2018. Italia juga dipastikan akan kembali absen di Piala Dunia 2022 setelah dikalahkan Makedonia Utara di babak play-off.

Italia sudah 18 kali berpartisipasi di Piala Dunia. Tak hanya itu, mereka juga telah mengoleksi 4 gelar dari ajang bergengsi ini. Trofi keempat yang mereka raih terjadi pada gelaran Piala Dunia 2006.

4. Argentina (18 Kali)

Rival Brasil di Amerika Selatan, Argentina, tercatat telah 18 kali tampil di Piala Dunia, termasuk yang akan berlangsung di Qatar.

Jumlah tersebut terbilang wajar mengingat Argentina kerap melahirkan pemain-pemain bintang di generasinya. Tercatat, La Albiceleste hanya absen sebanyak empat kali yakni di tahun 1938, 1950, 1954 dan 1970.

5. Meksiko (16 Kali)

Negara kelima yang sering berpartisipasi di ajang Piala Dunia ada Meksiko. Tim yang berjuluk Los Tricolores ini menjadi wakil zona Concacaf. Hingga saat ini, Meksiko telah berpartisipasi di ajang Piala Dunia sebanyak 17 kali.

Meskipun memiliki banyak kesempatan tampil, Meksiko masih belum mampu menjuarai Piala Dunia. Pada gelaran tahun ini, Meksiko masih belum pasti berpartisipasi. Mereka masih berjuang di babak kualifikasi dan bersaing dengan Amerika Serikat dan Kosta Rika.

6. Inggris (16 Kali)

Di bawah Meksiko, ada Inggris yang terhitung sudah 16 kali tampil di ajang Piala Dunia, termasuk di Qatar November mendatang.

The Three Lions tercatat absen di tiga edisi pertama dan absen di dua edisi 1974 dan 1978 serta tak lolos ke Piala Dunia 1994.

Dalam 16 kali penampilan itu, Inggris hanya sekali menjadi juara yakni di tahun 1966 kala menjadi tuan rumah Piala Dunia.

7. Prancis (16 Kali)

Juara bertahan Piala Dunia, Prancis, juga telah tampil sebanyak 16 kali, termasuk saat dipastikan lolos ke putaran final di 2022 ini.

Prancis hanya absen pada tahun 1950, 1962, 1970, 1974, 1990, dan 1994. Hanya saja, absennya itu dibarengi dengan pencapaian manis.

Prancis tercatat dua kali menjuarai Piala Dunia, di mana gelar pertama didapat pada 1998 saat menjadi tuan rumah dan terakhir pada edisi 2018 lalu.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here