Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorKeren! Alat Musik Serba Bambu Produksi LPSN Bogor Tembus Pasar Mancanegara

Keren! Alat Musik Serba Bambu Produksi LPSN Bogor Tembus Pasar Mancanegara

Bogordaily.net Siapa sangka bambu yang dianggap biasa ternyata bisa menghasilkan pendapatan yang menggiurkan. Apapun bisa terjadi, jika sesuatu jatuh kepada tangan seniman yang terampil seperti yang satu ini. Di  Lembaga Pendidikan Seni Nusantara () yang berlokasi di Gang Masjid, Cilendek, Kecamatan Bogor Barat, inilah bambu bisa bernilai.

memproduksi aneka yang semuanya terbuat dari bahan bambu betung. Kebanyakan dawai atau gitar yang sering kita jumpai berbahan dasar kayu. Namun, di bengkel inilah semuanya bisa terjadi seperti pembuatan gitar dari bambu, kecapi dan lain-lain.

Berbeda dengan bengkel lain, mereka berhasil menyulap lembaran bambu menjadi deretan tradisional hingga nontradisional, seperti, gitar akustik, selo, kecapi, hingga bedug.

Bangunan dua lantai ini berfungsi sebagai rumah produksi berbagai macam alat musik, berdiri di bawah naungan yang sudah terbentuk sejak 2002 silam.

Faizal, pengelola di Cilendek, Kecamatan Bogor Barat, . (Hadi/Bogordaily.net)

Faizal, selaku pengelola produksi mengatakan, satu unit gitar dibanderol setara dengan kualitas gitar yang dihasilkan, yakni Rp7 juta hingga Rp15 juta dan satu alat musik selesai dibuat dengan tempo waktu satu bulan pengerjaannya.

Begitupun seperti pesanan selebritis seperti Fadli, Iwan Fals, Ryan D'Masiv. Mereka juga memesan gitar dan harus menunggu satu bulan pengerjaan agar kualitas suara memuaskan.

“Produksi kami juga sudah dipasarkan dan tembus ke pasar mancanegara seperti Amerika Serikat dan Jepang,” ujarnya.(Hadi Mulya Kurniawan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here