Friday, 10 May 2024
HomeBeritaApa Cardiac Arrest? Pemicu Korban Tewas di Halloween Itaewon, Ini Penjelasannya! 

Apa Cardiac Arrest? Pemicu Korban Tewas di Halloween Itaewon, Ini Penjelasannya! 

Bogordaily.net – Apa atau henti Jantung yang menjadi pemicu ratusan peserta pesta Halloween di , Seoul, Korea Selatan sesak nafas karena berdesak-desakan hingga tewas.

Apa bukan serangan jantung tapi istilah kedokteran yang menyebabkan orang menjadi sesak nafas dan menyebabkan kematian.

Tragedi ini menggegerkan dunia. Tragedi itu juga viral di  media sosial. Dalam rekaman video yang beredar, para korban diberikan cardiopulmonary resuscitation (CPR) di pinggir jalan. Ada yang berhasil diselamatkan, namun banyak harus kehilangan nyawanya.

Hingga Minggu (30/10/2022) korban meninggal akibat tragedi Halloween sebanyak 153 orang. Jumlah ini diperkirakan masih akan bertambah lantaran ada puluhan korban dalam kondisi kritis.

Lantas apa itu atau Henti Jantung yang dalam tragedi di ? Berikut penjelasannya.

Melansir heart.org, Senin (31/10/2022), atau henti jantung adalah hilangnya fungsi jantung secara tiba-tiba pada seseorang. Gangguan kesehatan ini bisa saja datang tiba-tiba pada orang yang mungkin atau mungkin tidak didiagnosis menderita penyakit jantung. 

Henti jantung seringkali berakibat fatal apabila langkah yang tepat tidak segera diambil. Beda Serangan Jantung dan Henti Jantung: Istilah serangan jantung sering keliru digunakan untuk menggambarkan henti jantung, padahal keduanya berbeda. Serangan jantung dapat menyebabkan henti jantung, namun keduanya tidak sama. Serangan jantung disebabkan oleh penyumbatan yang menghentikan aliran darah ke jantung. 

Serangan jantung mengacu pada kematian jaringan otot jantung karena hilangnya suplai darah. Sementara itu, henti jantung disebabkan ketika sistem kelistrikan jantung tidak berfungsi. Jantung berhenti berdetak, fungsi pemompaan jantung dihentikan atau berhenti. 

Pada serangan jantung, kematian dapat terjadi dengan cepat jika langkah yang tepat tidak segera diambil. Orang yang mengalami henti jantung dapat  diupayakan penyelamatan dengan CPR dan defibrilator.

Penyebab Henti Jantung 

Henti jantung disebabkan oleh irama jantung yang tidak teratur yang disebut fibrilasi ventrikel (VF). VF terjadi ketika aktivitas listrik jantung menjadi sangat kacau sehingga jantung berhenti memompa.

Penyebab henti jantung mendadak bisa karena serangan jantung, kardiomiopati, penyakit jantung bawaan, penyakit katup jantung dan miokarditis akut (radang otot jantung).

Namun, dalam beberapa kasus, henti jantung juga dapat disebabkan karena tersengat listrik, overdosis obat, pendarahan parah, kehilangan banyak darah dan hipoksia (penurunan kadar oksigen yang parah)

Gejala Henti Jantung: Seseorang yang mengalami henti jantung memiliki gejala pingsan tiba-tiba, tidak bisa bernapas hingga penurunan kesadaran. Terkadang tanda dan gejala lain terjadi sebelum henti jantung mendadak yakni rasa tidak nyaman di dada, sesak napas, lelah, dan jantung berdebar lebih cepat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here