Friday, 10 May 2024
HomeBeritaApa Itu Henti Jantung? Diduga Jadi Penyebab Kematian di Pesta Halloween Itaewon

Apa Itu Henti Jantung? Diduga Jadi Penyebab Kematian di Pesta Halloween Itaewon

Bogordaily.netā€“Ā  Tragedi maut pesta Halloween terjadi di Korea Selatan (Korsel) menewaskan ratusanĀ  orang karena berdesak-desakan dan diduga mengalami . Apa itu ?

merupakan kondisi saat jantung berhenti berdetak atau memompa darah secara tiba-tiba. Saat kondisi ini terjadi, jantung yang idealnya berdenyut memompa darah hanya bergetar, sehingga darah yang berasal dari jantung berhenti dan tidak sampai ke berbagai organ penting.

Dilansir Suar.com, kondisi ini terbilang cukup berbahaya, dan dapat menyerang siapa saja. Namun, risiko terbesar dimiliki oleh mereka yang mempunyai riwayat penyakit jantung. Sangat direkomendasikan untuk mengenali gejala dari kondisi ini, sehingga dapat segera ditangani secara profesional.

Beberapa gejala yang paling umum antara lain tidak terdeteksi adanya denyut nadi dalam periode waktu tertentu, tubuh lemas dan ambruk atau pingsan, tidak bernafas selama beberapa saat, dada terasa sangat tidak nyaman, mengalami sesak nafas, jantung terasa berdegup sangat kencang dan terasa aneh, Kondisi badan mendadak menjadi lemas dan tidak bertenaga.

Ketika beberapa gejala ini terasa sangat mengganggu, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui secara pasti apa yang terjadi di dalam tubuh Anda.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya kondisi ini. Pertama, gangguan kelistrikan yang terjadi dalam jantung. Hal ini dipicu adanya fibrilasi ventrikel, yakni ritme jantung yang tidak wajar.

Kedua, arteri koroner. Jika seseorang memiliki riwayat penyakit arteri koroner, maka hal ini juga bisa menjadi salah satu pemicunya. Adanya penyumbatan oleh kolesterol atau endapan kalsium dapat mengganggu aliran darah ke jantung.

Ketiga, terjadinya serangan jantung. Kondisi ini bisa memicu jaringan parut di jantung, dan memperpendek arus listrik di dalam organ ini. Irama jantung bisa mengalami kelainan, dan menjadi penyebab utama .

Keempat, mengalami kardiomiopati. Kondisi pembesaran jantung di bagian otot jantung karena peregangan atau penebalan menjadi penyebab selanjutnya.

Selain keempat penyebab di atas ada pula penyebab lain, seperti penyakit jantung bawaan, penyakit keturunan, penyakit katup jantung, penyakit jantung iskemik,dan beberapa penyakit lainnya.

Cara mengobati kondisi adalah dengan tindakan medis profesional sesegera mungkin. Untuk penanganan darurat, CPR bisa menjadi langkah yang tepat. Sangat direkomendasikan untuk segera membawa penderita ke dokter atau mendapat penanganan medis secepatnya.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here