Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaArab Saudi Izinkan Wanita WNI Umrah Tanpa Mahram

Arab Saudi Izinkan Wanita WNI Umrah Tanpa Mahram

Bogordaily.net – Menteri Haji dan Arab Saudi Tawfiq F Al-Rabiah menuturkan, bahwa pihaknya mengizinkan wanita warga negara Indonesia (WNI) untuk tanpa mahram.

Itu artinya, muslimah dapat melakukan ibadah tanpa wali laki-laki. Al-Rabiah mengatakan bahwa tindakan ini salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan bagi jemaah haji atau .

“Kami telah mempersiapkan berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanana jamaah haji dan ,” kata Al Rabiah saat konferensi pers di Hotel Fairmount, Jakarta Pusat, Senin, 24 Oktober 2022.

“Kami telah membatalkan kewajiban harus ada mahram dalam ibadah , dan kami memberikan siapa yang datang dengan tujuan untuk datang mengunjungi tempat-tempat di Saudi,” tambahnya.

“Dan ini bagian dari proses untuk menyambut jemaah dari Indonesia. (Perempuan) sudah bebas untuk , bisa registrasi pribadi. Tidak ada ketentuan khusus dan bisa melakukan perjalanan secara sendiri,” ucap dia.

Selain menghapus syarat pendamping bagi perempuan, Saudi juga memperpanjang visa bagi yang melakukan haji dan selama 90 hari.

Menurut Tawfiq, warga Indonesia juga bisa melaksanakan umrah tanpa syarat kesehatan.

“Juga tak ada persyaratan kesehatan seperti sebelumnya,” ujar dia.

Selain itu, Saudi menghapus sejumlah pembatasan wilayah ketika jemaah menjalankan ibadah haji.

Kini, para jemaah bisa berwisata ke tempat dan daerah yang sebelumnya jarang dikunjungi.

Arab Saudi pun tidak membatasi jumlah jemaah Indonesia untuk umrah.

“Kami dari kerajaan Saudi sangat menyambut jemaah Indonesia tanpa ada batasan terkait kesehatan, jumlah dan kami sambut dengan sebaik-baiknya,” pungkas Tawfiq.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here