Friday, 26 April 2024
HomeBeritaBalas AS-Korsel, Korut Tembakkan Rudal

Balas AS-Korsel, Korut Tembakkan Rudal

Bogordaily.net–  Rudal yang ditembakkan Korua Utara (Korut) melintasi Jepang membuat was-was Negara Tirai Bambu itu. Pemerintahan Korut yang dipimpin Kim Jong Un akhirnya buka suara soal peluncuran rudal yang melewati Jepang.

Dilansir CNN Indonesia, Kementerian Luar Negeri mengungkapkan peluncuran rudal yang mereka lakukan sebagai tindakan balasan dari militer rakyat Korut terhadap latihan bersama dan .

“DPRK [Korut] melihat AS membawa ancaman serius untuk kestabilan situasi di Semenanjung Korea dan di sekitarnya karena menempatkan kembali gugus tugas kapal induk di perairan Semenanjung Korea,” demikian pernyataan Kemlu Korut, Kamis 6 Oktober 2022, dikutip dari AFP.

Pernyataan Korut ini merujuk pada keputusan AS untuk menempatkan kembali kapal induk USS Ronald Reagan ke Semenanjung Korea. Kapal itu merupakan kapal bertenaga nuklir.

Selain itu, Korut berpendapat latihan militer gabungan antara Washington dan Seoul dalam beberapa pekan terakhir “meningkatkan tensi militer di Semenanjung Korea.”

Sebagaimana diberitakan AFP, Korut beberapa kali meluncurkan rudal selama sepekan terakhir. Korut meluncurkan dua rudal untuk merespons latihan militer antara AS dan Korsel, Kamis 6 Oktober 2022 waktu setempat.

Militer Korsel menuturkan kedua rudal itu merupakan rudal balistik jarak pendek yang diluncurkan dari Samsok, Pyongyang, menuju Laut Timur atau Laut Jepang.

Pada Selasa, 4 Oktober 2022, Korut juga menguji rudal balistik. Rudal balistik kala itu memiliki jarak tempuh menengah dan melintasi Jepang. Akibat peluncuran ini, pemerintah Jepang meminta warganya untuk berlindung. Korsel dan AS kemudian merespons peluncuran ini dengan latihan militer bersama dan melakukan uji coba beberapa rudal.

Tembakan pertama  dalam lima tahun itu mendorong Tokyo mengimbau penduduknya untuk mencari perlindungan.

Para ahli telah memperingatkan bahwa tembakan rudal baru-baru ini menunjukkan eskalasi yang lebih besar dalam pengujian senjata bisa terjadi.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here