Balas AS-Korsel, Korut Tembakkan Rudal

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022 : Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor Ini Syarat dan Lokasi Perpanjang Surat Izin Mengemudi di Kota Bogor

Internasional · 6 Okt 2022 08:41 WIB

Balas AS-Korsel, Korut Tembakkan Rudal


 Rudal balistik Korut. (Istimewa/Korean Central News Agency/Korea News Service via AP) Perbesar

Rudal balistik Korut. (Istimewa/Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

Bogordaily.net–  Rudal yang ditembakkan Korua Utara (Korut) melintasi Jepang membuat was-was Negara Tirai Bambu itu. Pemerintahan Korut yang dipimpin Kim Jong Un akhirnya buka suara soal peluncuran rudal yang melewati Jepang.

Dilansir CNN Indonesia, Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengungkapkan peluncuran rudal yang mereka lakukan sebagai tindakan balasan dari militer rakyat Korut terhadap latihan bersama Amerika Serikat dan Korea Selatan.

“DPRK [Korut] melihat AS membawa ancaman serius untuk kestabilan situasi di Semenanjung Korea dan di sekitarnya karena menempatkan kembali gugus tugas kapal induk di perairan Semenanjung Korea,” demikian pernyataan Kemlu Korut, Kamis 6 Oktober 2022, dikutip dari AFP.

Pernyataan Korut ini merujuk pada keputusan AS untuk menempatkan kembali kapal induk USS Ronald Reagan ke Semenanjung Korea. Kapal itu merupakan kapal bertenaga nuklir.

Selain itu, Korut berpendapat latihan militer gabungan antara Washington dan Seoul dalam beberapa pekan terakhir “meningkatkan tensi militer di Semenanjung Korea.”

Sebagaimana diberitakan AFP, Korut beberapa kali meluncurkan rudal selama sepekan terakhir. Korut meluncurkan dua rudal untuk merespons latihan militer antara AS dan Korsel, Kamis 6 Oktober 2022 waktu setempat.

Militer Korsel menuturkan kedua rudal itu merupakan rudal balistik jarak pendek yang diluncurkan dari Samsok, Pyongyang, menuju Laut Timur atau Laut Jepang.

Pada Selasa, 4 Oktober 2022, Korut juga menguji rudal balistik. Rudal balistik kala itu memiliki jarak tempuh menengah dan melintasi Jepang. Akibat peluncuran ini, pemerintah Jepang meminta warganya untuk berlindung. Korsel dan AS kemudian merespons peluncuran ini dengan latihan militer bersama dan melakukan uji coba beberapa rudal.

Tembakan pertama  dalam lima tahun itu mendorong Tokyo mengimbau penduduknya untuk mencari perlindungan.

Para ahli telah memperingatkan bahwa tembakan rudal Korea Utara baru-baru ini menunjukkan eskalasi yang lebih besar dalam pengujian senjata bisa terjadi.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Gunung Api Terbesar di Dunia Mauna Loa Meletus

29 November 2022 - 10:31 WIB

NASA Sebut, Beberapa Tahun Lagi Manusia Bisa Tinggal di Bulan

28 November 2022 - 20:35 WIB

Manusia tinggal di Bulan

Liput Demo Anti Lockdown, Wartawan BBC Dianiaya Polisi China

28 November 2022 - 19:51 WIB

Wartawan BBC

Anwar Ibrahim, Tolak Pakai Mobil Dinas Mewah Mercy S600

28 November 2022 - 19:50 WIB

Anwar Ibrahim

TV China Sensor Supporter Piala Dunia 2022 Tanpa Masker

28 November 2022 - 17:48 WIB

Supporter Piala Dunia 2022

Longsor di Italia, 7 Orang Tewas

28 November 2022 - 10:19 WIB

Trending di Internasional