Friday, 29 March 2024
HomeNasionalBanjir Malang, Ribuan Warga Terdampak Bencana! Begini Kondisinya

Banjir Malang, Ribuan Warga Terdampak Bencana! Begini Kondisinya

Bogordaily.net–  menerjang , Jawa Timur. Akibatnya sekitar empat ribu jiwa terdampak bencana yang menimpa delapan desa di selatan itu.

Desa itu adalah Lebakharjo, Kecamatan Ampel Gading. Desa Pujiharjo dan Purwodadi di Kecamatan Tirtoyudo. Desa Sitiarjo, Sidoasri dan Tambakrejo di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Desa Sumbermanjing Kulon di Pagak dan Desa Sumberoto di Donomulyo.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten , Sadono Irawan, mengatakan warga terdampak di membutuhkan makanan cepat saji, air minum, dan tambahan peralatan kebersihan.

“Tidak ada laporan korban jiwa, seluruh potensi SAR telah dikerahkan untuk membantu penanganan,” kata Sadono, dikutip dari Liputan6.com.

Dari seluruh desa itu, paling terdampak berada di Sitiarjo, Pujiharjo, Lebakharjo dan Purwodadi. Tim tanggap bencana telah mengerahkan alat berat untuk penanganan di Sitiarjo. Rencananya, pada Selasa ini fokus penanganan giliran tiga desa lainnya.

“Itu kawasan paling mendesak untuk segera ditangani, alat berat dikerahkan untuk membantu penanganan,” ujar Sadono.

Dari data sementara Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten , diperkirakan sekitar 1.369 KK atau 4.107 jiwa terdampak bencana dan tanah longsor. Data itu hasil kaji cepat tim penaggulangan bencana di lapangan.

“Sampai malam ini tidak ada laporan korban jiwa maupun luka akibat bencana longsor dan banjir,” kata Sekretaris PMI Kabupaten , Aprilijanto.

Banjir dan longsor selalu mengintai , khususnya wilayah selatan. Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan merupakan salah satu kawasan paling parah terdampak banjir. Ketinggian air di desa ini diperkirakan hampir mencapai 2 meter. Air kini mulai surut.

Sementara itu banjir di desa yang berada di pesisir selatan itu disebabkan adanya hujan intensitas hujan bersamaan dengan kenaikan air pasang laut. Kenaikan tinggi permukaan air itu membuat hilir di Sungai Panguluran meluap lalu merendam rumah warga.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here