Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaBenarkah Tidur Kurang dari 5 Jam Berpotensi Terkena Penyakit Kronis? Yuk Simak!

Benarkah Tidur Kurang dari 5 Jam Berpotensi Terkena Penyakit Kronis? Yuk Simak!

Bogordaily.net – Seseorang berusia 50 tahun ke atas yang lima jam atau kurang di malam hari memiliki risiko lebih besar terkena berbagai penyakit kronis.

Seperti dilansir dari PMJ, Sabtu, 19 Oktober 2022 studi yang diterbitkan di jurnal PLOS Medicine mengamati lebih dekat hampir 8.000 pegawai negeri di Inggris yang tidak memiliki penyakit kronis pada usia 50 tahun.

Para ilmuwan meminta peserta untuk melaporkan jumlah waktu yang didapatkan. Hasilnya, peserta yang tidurnya dilacak pada usia 50, orang yang lima jam atau kurang semalam menghadapi risiko 30 persen lebih tinggi terkena penyakit kronis.

Penyakit yang memiliki risiko lebih tinggi termasuk diabetes, kanker, penyakit jantung koroner, stroke, gagal jantung, penyakit paru obstruktif kronik, penyakit ginjal kronis, penyakit hati, Depresi, demensia, gangguan mental, Parkinson dan radang sendi.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, orang dewasa yang tidak cukup , sekitar tujuh hingga sembilan jam semalam memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan penyakit kronis, yang juga mencakup obesitas dan tekanan darah tinggi.

Tidak seperti penelitian lain, penelitian yang baru ini tidak menemukan bahwa peserta yang lebih dari sembilan jam memiliki masalah kesehatan. Akan tetapi, hanya sedikit orang dalam penelitian yang sebanyak itu dan itu mungkin mempengaruhi hasil.

Namun, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan tambahan. Sebagian besar subjek adalah pria kulit putih, hanya sekitar sepertiganya adalah perempuan. Para peneliti mengatakan para pegawai juga cenderung sedikit lebih sehat daripada populasi umum.

Studi tersebut mengandalkan data yang dilaporkan sendiri, yang dianggap kurang dapat diandalkan dibandingkan jika orang-orang berada dalam studi di mana para ilmuwan dapat secara langsung mengamati bagaimana orang tersebut .

“Durasi pendek di usia paruh baya dan usia tua dikaitkan dengan risiko lebih tinggi timbulnya penyakit kronis dan multimorbiditas,” ungkap studi tersebut.

“Temuan ini mendukung promosi kebersihan yang baik pada pencegahan primer dan sekunder dengan menargetkan kondisi perilaku dan lingkungan yang memengaruhi durasi dan kualitas tidur,” sambungnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here